Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 11 Agu 2019 12:09 WIB

Liputan Khusus Air untuk Warga Miskin Jakarta

Pak Anies! Air Bersih untuk Warga Jakarta Kian Genting

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dianggap harus segera menyelesaikan permasalahan akses air bersih bagi seluruh warga ibu kota.

Salah satu yang bisa segera dilakukan DKI 1 ini adalah mempercepat pembangunan infrastruktur pipa air. Khususnya di wilayah yang belum terjamah infrastruktur.

"Sesegera mungkin karena yang sekarang sudah tidak cukup. Sudah (urgent)," kata Direktur Amrta Institute Nila Ardhianie kepada detikFiance, Jakarta, Kamis (8/8/2019).


Memang butuh investasi yang besar untuk menghubungkan infrastruktur pipa air ke seluruh rumah warga DKI. Namun, kata Nila, angka itu akan semakin besar jika hal itu terus ditunda-tunda.

"Karena yang belum memiliki cukup banyak dan selama 20 tahun terakhir tidak ada pembangunan infrastruktur air besar di DKI, maka kebutuhan investasi cukup tinggi," jelas dia.

Seperti contoh di daerah Penjaringan, Jakarta Utara. Hampir semua warganya mengeluarkan uang demi mendapatkan air bersih. Oleh karena itu, instalasi pengelolaan air di Jakarta perlu ditingkatkan segera mungkin.

Sementara itu, Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah Redjalam menilai menjadi tanggun jawab dasar pemerintah khususnya Provinsi DKI Jakarta.

Sebab, ibu kota yang menjadi pusat bisnis ini seharusnya tidak lagi memiliki permasalahan seperti ini.

"Ini harus jadi perhatian pemerintah khususnya Pemda DKI. Permasalahan air bersih ini penting sekali," kata Piter.

Piter mengatakan, air bersih untuk masyarakat kelas bawah di DKI menjadi barang yang mewah. Sebab, untuk mendapatkanya harus megeluarkan uang hingga ratusan ribu.

"Air bersih bagi mereka menjadi barang mewah. Pemda DKI seharusnya sejak dulu memprioritaskan permasalahan air bersih, sama dengan permasalahan gas," jelas dia.


Oleh karena itu, kata Piter, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bisa meminta perusahaan daerah dalam hal ini PD PAM Jaya mengoptimalkan sumber air seperti waduk.

"Pemerintah daerah saya kira bisa mengoptimalkan perusahaan daerah dengan memanfaatkan semua potensi air bersih yangg ada. Harusnya ada terobosan, misal memanfaatkan air waduk yang terdekat," kata dia.

"Infrastruktur itu kewajiban pemerintah khususnya dalam hal ini pemda. Pemda harusnya memperbaiki infrastruktur kebutuhan dasar air bersih," tambah dia.

Pak Anies! Air Bersih untuk Warga Jakarta Kian Genting


Simak Video "Krisis Air Bersih di Jambi, 5.000 Liter Disalurkan Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com