Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 12 Agu 2019 07:30 WIB

Air Bersih Jadi Barang Mewah untuk Warga Miskin di Jakarta

Hendra Kusuma - detikFinance
1 Warga DKI Beli Air Bersih
Halaman 2 dari 4
Foto: Hendra Kusuma Foto: Hendra Kusuma

DKI Jakarta juga dinobatkan sebagai kota metropolitan dan sebagai pusat bisnis di terdepan di Indonesia. Tidak jarang, banyak masyarakat Indonesia yang mengadu nasib di ibu kota.

Kota yang kerap dibilang segala sesuatu bisa menjadi keuntungan pun memang benar adanya. Salah satu contohnya adalah mengenai fasilitas toilet umum, sering terlihat fasilitas itu terdapat seorang penjaga yang meminta uang dengan dalil modal kebersihan fasilitas.

Begitu juga dengan pemanfaatan air bersih yang seharusnya menjadi tanggung jawab pemerintah. Kini sebagian masyarakat DKI Jakarta masih ada yang kesulitan air bersih.

Bahkan, untuk menikmati air bersih harus membelinya. Sungguh ironis bukan? Di tengah perputaran ekonomi yang begitu pesat di ibu kota, namun sebagian warganya masih kesulitan air bersih.

Sebagian warga khususnya di pinggiran Jakarta mau tidak mau harus membeli air bersih karena lokasi tempat tinggalnya tidak terfasilitasi infrastruktur air bersih. Bahkan, penggunaan mesin pompa listrik alias jet pump-pun untuk daerah pinggiran sering tidak berguna karena kualitas airnya.

(hek/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com