Air Bersih Jadi Barang Mewah untuk Warga Miskin di Jakarta

Hendra Kusuma - detikFinance
Senin, 12 Agu 2019 07:30 WIB
4.

Jurus Anies Baswedan

Air Bersih Jadi Barang Mewah untuk Warga Miskin di Jakarta
Foto: ANTARA FOTO

Melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan PD PAM Jaya, Anies akan segera mengatasi permasalahan air bersih khususnya untuk masyarakat tidak mampu.

Kepala Dinas (Kadis) SDA Provinsi Jakarta, Juaini mengatakan ada beberapa upaya yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta ke depannya.

Pertama, akan memerintahkan PD PAM Jaya untuk membuat depo air bersih di wilayah yang kesulitan air bersih, khususnya di musim kemarau.

Sedangkan jangka menengah panjang yang akan dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta adalah menerapkan teknologi penyulingan air di waduk. Namun, program tersebut baru bisa diimplementasikan tahun depan.

Sementara itu, Manajer Humas Perusahaan Daerah (PD) PAM Jaya Linda Nurhandayani mengungkapkan pihaknya menargetkan warga DKI Jakarta terakses air bersih 100% pada 2030.

Tahapannya, pada tahun 2023 cakupan layanan PAM Jaya sudah mencapai 80%. Hingga saat ini, cakupan layanannya baru mencapai 60%.

Untuk mendukung rencana itu, kata Linda diperlukan tambahan pasokan suplai air bersih dan dukungan dari berbagai pihak, khususnya pemerintah Daerah dan Pusat.



(hek/ara)