Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 15 Agu 2019 16:10 WIB

MRT Jakarta PDKT dengan Operator Kereta Korsel Garap Fase III

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta -
PT MRT Jakarta memberi peluang untuk operator kereta asal Korea, Seoul Metro Corporation menggarap proyek MRT Jakarta fase III. Sementara fase I dan II saat ini digarap bersama Japan Internasional Coorperation Agency (JICA).
"Kan ada fase III. Kalau fase III masih sangat terbuka. Kalau yang fase II kan memang sudah dengan Jepang," kata Dirut PT MRT Jakarta William Sabandar di kantornya, Jakarta, Kamis (15/8/2019).
Hari ini MRT Jakarta dan Seoul Metro pun menjajaki kerja sama untuk saling memahami pengoperasian transportasi massal berbasis rel di masing-masing negara. Bila cocok, bisa saja MRT fase III digarap Korea.

Bahkan kata William, fase I yang sudah jadi pun bisa dikerjasamakan dengan Korea dalam hal penerapan teknologinya, begitu pula untuk proyek MRT Jakarta jangka panjang.
"Fase III, fase IV dan fase-fase seterusnya termasuk fase I yang sekarang sudah kita kerjakan. Saya mau lihat fase I yang sudah kita kerjakan tadi, misalnya soal predictive maintenance-nya," ujarnya.
Predictive maintenance ini merupakan salah satu teknologi yang jadi keunggulan Korea. Itu memungkinkan pemeliharaan MRT tanpa campur tangan manusia secara langsung.

"Kita bisa belajar dari teman-teman (Seoul Metro) mumpung ini dibuka ya, kesempatannya dibuka, mereka mau berkolaborasi ya kita manfaatkan," tambahnya.




Simak Video "MRT telah Beroperasi, Ingat-ingat Pesan Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com