Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 15 Agu 2019 16:12 WIB

Mantul! Medan Bakal Punya Jalan Tol 23 Km Bisa Dilewati Motor

Khairul Ikhwan Damanik - detikFinance
Foto: Khairul Ikhwan Damanik/detikcom Foto: Khairul Ikhwan Damanik/detikcom
Medan - Kota Medan, Sumatera Utara, akan memiliki jalan tol dalam kota. Nantinya jalan tol itu akan bisa dilalui sepeda motor.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyatakan, jalan tol itu sepanjang 23 kilometer (km). Saat ini tahapan proses uji kelayakannya sedang berlangsung, dan diharapkan akan mengurai kemacetan di kota.

"Nanti akan bisa dilalui sepeda motor juga. Ada jalur khususnya di kiri dan kanan. Jika semua lancar, mudah-mudaha tahun 2024 selesai," kata Edy di sela Pencanangan Pelaksanaan Studi Kelayakan Pengusahaan Jalan Tol Dalam Kota Medan di halaman Kantor Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumut, Jalan AH Nasution, Medan, Kamis (15/8/2019).


Disebutkan Edy, pembangunan tol dalam kota yang akan terkoneksi dengan jalan tol yang sudah ada ini, murni swasta. Pihaknya mendukung percepatan pembangunan infrastruktur ini karena bersentuhan langsung
dengan kepentingan masyarakat. Agar kemacetan berkurang. Dalam tiga tahun ke depan, jika tidak dibangun jalan baru, maka kemacetan di Medan akan semakin parah.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Eko Purwanto
menyatakan PUPR sangat mendukung pembangunan tol ini.

"Ini merupakan inisiatif badan usaha, kita sangat mendukung. Proses usulannya baru masuk ke PUPR pada Juni, kita pelajari dan setujui izin prinsip. Nanti tahapan lainnya yang harus dilakukan, semoga bisa lebih cepat, tetapi harus sesuai aturan," kata Eko.


Pembangunan tol dalam kota ini digagas PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Citra Marga Nusphala Persada Tbk. Jalan tol ini terbagi dalam tiga seksi. Seksi I Helvetia - Titi Kuning sepanjang 14,28 km, kemudian
Seksi II Titi Kuning-Pulo Brayan sepanjang 12,84 km dan Seksi III Titi Kuning-Amplas sepanjang 4,25 km.

Rencana pembangunan itu sendiri sudah diawali dengan penandatanganan naskah kesepahaman (MoU) antara Pemprov Sumut, Pemkot Medan, Pemkab Deli Serdang, bersama PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) Tbk dan PT Adhi Karya, pada 1 Maret 2019 di Medan.

Simak Video "Olahan Teri Bajak Ala Medan"
[Gambas:Video 20detik]
(rul/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed