Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 20 Agu 2019 16:56 WIB

Di Depan Pengusaha Afrika, Jokowi Pamer Bangun 782 Km Jalan Tol

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Noval Dhwinuari/detikcom Foto: Noval Dhwinuari/detikcom
Nusa Dua - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Indonesia-Africa Infrastructure Dialogue (IAID) 2019 di Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Bali. Jokowi secara simbolis membuka kegiatan hari pertama ini.

Di hadapan perwakilan dan pengusaha Afrika itu, Jokowi pamer bahwa Indonesia telah melakukan berbagai pembangunan infrastruktur secara masif dalam lima tahun. Jokowi lantas memamerkan capaian-capaian pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan.

"Selama lima tahun ini, Indonesia telah fokus dan memberi perhatian besar dalam bidang pembangunan infrastruktur. 782 km jalan tol dibangun dalam lima tahun ini. 3.387 km jalan umum nasional telah dibangun, belum lagi jalan provinsi dan kabupaten. Serta, jalan desa yang dibangun lebih dari 191 ribu km," kata Jokowi di lokasi, Selasa (20/8/2019).


Selain infrastruktur jalan, Jokowi juga memamerkan pembangunan infrastruktur lainnya. Mulai dari bendungan, embung, hingga Pos Lintas Batas Negara (PLBN).

"Kemudian 15 bendungan besar dan 945 embung, 21.500 liter per detik air minum juga telah disediakan. 23.000 hektar penanganan perkotaan kawasan umum telah dilakukan. 9,8 juta KK sanitasi dan persampahan. 7 PLBN juga telah dibangun, serta 3,5 juta unit rumah kita bangun dalam 5 tahun ini," tuturnya.


Jokowi menjelaskan, pembangunan infrastruktur penting dilakukan untuk mencapai beragam tujuan. Mulai dari pemerataan, hingga meningkatkan konektivitas yang ada.

"Infrastruktur yang memperbaiki pemerataan pembangunan dan menjangkau daerah-daerah terluar. Infrastruktur juga yang meningkatkan konektivitas untuk perbaiki disparitas harga dan kesenjangan ekonomi. Dan infrastruktur demi mewujudkan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," jelasnya.

Simak Video "Periode Kedua, Jokowi Tetap Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com