Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 20 Agu 2019 17:16 WIB

RI Mau Bangun Infrastruktur di Afrika, Jokowi: Kami Berpengalaman

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikcom Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikcom
Nusa Dua - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memamerkan perusahaan-perusahaan Indonesia, baik BUMN maupun swasta, telah berpengalaman dalam membangun Infrastruktur. Hal itu dilakukan Jokowi di hadapan perwakilan berbagai negara Afrika.

"Indonesia siap berbagai pengalaman dan saling membantu untuk bangun infrastruktur. BUMN dan perusahaan swasta di Indonesia sudah memiliki kekuatan dan pengalaman yang memadai," kata Jokowi dalam acara Indonesia-Africa Infrastructure Dialogue (IAID) 2019 di Nusa Dua, Bali, Selasa (20/8/2019).

Jokowi mengatakan, BUMN dan perusahaan swasta Indonesia memiliki pengalaman membangun infrastruktur dengan berbagai tantangan yang ada. Baik tantangan, geografis, iklim, hingga adat budaya.

"Berpengalaman bangun infrastruktur dengan tantangan geografis yang berat, dan bangun infrastruktur modern perkotaan. Berpengalaman bangun infrastruktur di kondisi iklim yang ekstrem. Berpengalaman bangun infrastruktur di lokasi dengan beragam adat budaya dan tradisi lokalnya," kata Jokowi.


Jokowi menyatakan keinginannya untuk bisa melakukan berbagai pembangunan infrastruktur dengan negara-negara Afrika. Jokowi mengaku Indonesia siap untuk melakukan kerja sama tersebut.

"Indonesia ingin bersama Afrika merasakan pembangunan yang merata dan menjangkau daerah-daerah terluar. Indonesia ingin bersama Afrika meningkatkan konektivitas untuk perbaiki disparitas harga dan kesenjangan ekonomi. Indonesia ingin meningkatkan konektivitas infrastruktur dan ekonomi dengan Benua Afrika," jelasnya.

"Kami siap bekerja sama. Oleh karena itu sebagai saudara seperjuangan, kami akan dengan sangat terbuka hati untuk kerja sama berbagi dan membangun infrastruktur demi kesejahteraan seluruh bangsa Afrika," tutup Jokowi.



Simak Video "Periode Kedua, Jokowi Tetap Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com