Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 21 Agu 2019 14:45 WIB

Pabrik INKA Penuh, Kereta LRT 'Pindah Rumah' ke Jakarta

Danang Sugianto - detikFinance
Proses Pembuatan LRT Jabodebek di Markas INKA/Foto: Muhammad Ridho Proses Pembuatan LRT Jabodebek di Markas INKA/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - PT INKA mengeluhkan penumpukan kereta LRT Jabodebek di pabriknya di Madiun. Jika tidak segera dikirim ke Jakarta, pabrik INKA dikhawatirkan tak bisa memproduksi lagi.

Direktur Utama Adhi Karya Budi Harso mengatakan, pihaknya sudah mencarikan solusi terkait perkara tersebut. Adhi menawarkan agar kereta LRT ditempatkan di jalur Cibubur-Cawang yang sudah selesai di bangun.

"Untuk penumpukan, kami sudah menawarkan diri. Jadi saat ini antara Cibubur sampai Cawang rel maupun pembangunan sudah selesai. Kalau ditempatkan di atas rel antara Cibubur sampai Ciracas," ujar Budi Harso di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Budi menjelaskan jalur yang ditawarkan itu dari Cibubur-Ciracas bisa ditempati kereta LRT hingga sepanjang 2 km. Jalur itu bisa menampung sampai 32 train set.


"2 km itu bisa 32 train set. Nanti berbaris di situ," terangnya.

Jalur Cibubur-Ciracas sendiri juga nantinya akan digunakan untuk running test. Uji coba dipastikan siap dilakukan pada September mendatang.

"Kan di situ ada 2 track, nanti 1 track parkir kereta INKA, satu lagi untuk running test," tambahnya.

Budi menjelaskan dalam waktu dekat tim dari Kereta Api Indonesia (KAI) akan mendatangi pabrik INKA di Madiun. Mereka akan melakukan factory acceptance test (FAT). Setelah dinyatakan lolos kereta akan dikirim ke Jakarta dari pabrik INKA di Madiun.


Sebelumnya PT INKA (Persero) berharap kereta LRT Jabodebek yang diproduksi segera dikirim ke Jakarta. Saat ini pabrik INKA di Madiun sudah penuh kereta LRT Jabodebek.

Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro mengatakan, satu rangkaian kereta LRT Jabodebek sudah siap untuk diuji coba di Jakarta. Sementara, sebanyak 134 body kereta LRT sudah rampung.

"Ini yang lain jadi masalah, karena lahan kita sudah penuh kalau teman-teman ke Madiun 'merah' semua kita hampir 134 kereta selesai sudah penuh itu. Maka, dengan persetujuan KAI kita akan naruh setelah di tes di bawa ke sini. Target 1 besok ini selesai, maka harus ada tiga, tiga, tiga setiap bulan selesai FAT (factory acceptance test)-nya, testing and commissioning di sana (Madiun). Operasinya tergantung nanti kalau selesai infrastruktur," jelasnya dalam acara Ngopi BUMN di Kementerian BUMN Jakarta, Senin (19/8/2019).

Pabrik INKA Penuh, Kereta LRT 'Pindah Rumah' ke Jakarta


Simak Video "Asyik! November 2019, LRT Siap Beroprasi"
[Gambas:Video 20detik]
(das/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com