Rini Sebut LRT Cibubur-Cawang Operasi Akhir Oktober 2019

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 23 Agu 2019 16:00 WIB
Foto: Agung Pambudhy
Depok - LRT Jabodebek ruas Cibubur-Cawang akan dioperasikan sebelum akhir tahun 2019. Artinya, LRT tak harus menunggu semua rute rampung.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, pada awal September akan diuji coba satu rangkaian kereta. Kemudian, akhir September atau awal Oktober datang lagi tiga rangkaian kereta untuk uji coba.

Setelah uji coba, maka LRT Jabodebek Cibubur-Cawang bisa digunakan masyarakat.

"Kita harapkan sebelum akhir tahun (operasi), karena trainset permulaan September satu set, kita udah akan tes, akhir September 3 set, kalau ada 4 set kita cukup yakin opersional minimal Cibubur-Cawang pulang pergi," kata Rini saat meninjau proyek LRT, Cibubur, Depk, Jumat (23/8/2019).



Dia berharap, uji coba berjalan dengan baik sehingga LRT bisa digunakan.

"Jadi kita harapkan kalau memang tes kereta baik semua, operasionalnya kita tes bagus, aliran listriknya bagus, semuanya baik mudah-mudahan akhir Oktober sudah mulai, atau permulaan November," ujarnya.

Kembali, Rini mengatakan, LRT Jabodebek Cibubur-Cawang akan operasi Oktober atau November. Dia bilang, untuk operasi harus mendapat sertifikasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Insyaallah makanya kalau nggak akhir Oktober permulaan November," ujarnya.

"Sekarang uji coba dulu, nanti dari Kementerian Perhubungan yang mempunyai izin harus memberikan sertifikasi. Makanya kalau September uji coba dan kerja sama dengan Kementerian Perhubungan, insyallah kita dapat sertifikasi komersial operation akhir Oktober," tutupnya.



Simak Video "Asyik! November 2019, LRT Siap Beroprasi"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)