Ada di Samping Tol, Akses Stasiun LRT Cibubur-Cawang Lewat Mana?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 23 Agu 2019 16:28 WIB
Foto: Agung Pambudhy
Depok - Lintas rel terpadu (LRT) Jabodebek segmen Cibubur-Cawang ditargetkan operasi akhir Oktober atau November tahun ini. Saat ini, segmen tersebut progresnya telah mencapai 85%.

Akses menuju stasiun khususnya ke Stasiun Harjamukti, Cibubur ini menjadi pertanyaan. Sebab, stasiun berada persis di samping tol.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, akses menuju ke stasiun akan melewati Kwarnas, Cibubur.

"Sudah 85%. Memang sedang kita siapkan aksesnya harus melalui Kwarnas. Jadi nanti kita finalkan turun Kwarnas," katanya saat meninjau proyek LRT di Cibubur, Depok (23/8/2019).



Dia mengatakan, masalah akses ini sudah jadi pembahasan lama. Harapannya, bisa segera selesai dan mendukung operasional LRT Jabodebek.

"Akses kita bicara lama, jadi tinggal finalisasi kerjasamanya sehingga penumpang bisa melalui areanya Kwarnas karena turunnya area Kwarnas," tambahnya.

Lebih lanjut, Rini menjelaskan, satu rangkaian yang terdiri dari 6 kereta akan diujicoba awal September mendatang. Satu rangkaian bisa mengangkut 1.300 orang.

Kemudian, akan ditambah lagi tiga rangkaian di akhir September. Setelah uji coba rampung maka kereta akan dioperasikan pada akhir Oktober atau awal November.

"Kita harapkan sebelum akhir tahun, karena trainset permulaan September satu set, kita udah akan tes, akhir September 3 set, kalau ada 4 set kita cukup yakin operasional minimal Cibubur-Cawang pulang pergi. Jadi kita harapkan kalau memang tes kereta baik semua, operasionalnya kita tes bagus, aliran listriknya bagus, semuanya baik mudah-mudahan akhir Oktober sudah mulai, atau permulaan November," tutupnya.



Simak Video "adv adhi karya"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)