Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 25 Agu 2019 20:48 WIB

66 Penerbangan dari Bandara Adi Sucipto Pindah ke YIA Tahun Depan

Pradito Rida Pertana - detikFinance
Foto: Pradito Rida Pertana Foto: Pradito Rida Pertana
Kulon Progo - Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi menyebut 66 jadwal penerbangan domestik di Bandara Adi Sucipto (ADS) saat ini akan berpindah ke Yogyakarta International Airport (YIA). Budi menyebut pemindahan jadwal itu berlangsung tahun depan, tepatnya saat lebaran.

"Kita terus mempersuasi maskapai untuk memindahkan flight mereka yang luar Jawa seperti Sumatera, Kalimantan dan NTT (ke YIA). Kalau pindah semua ada 66 flight (di Bandara Adi Sucipto yang pindah ke YIA)," ucap Budi saat ditemui di Stasiun Kedundang, Kabupaten Kulon Progo, Minggu (25/8/2019) sore.

Lanjut Budi, pemindahan jadwal penerbangan domestik dari ADS ke YIA akan berlangsung tahun depan. Menurutnya, pemindahan jadwal penerbangan itu untuk memaksimalkan pengerjaan jalur Kereta Api dari Yogyakarta langsung menuju YIA.


"Jadi lebaran nanti (tahun 2020), 66 flight sudah ke sini (YIA) semuanya. Karena lebaran tahun depan jadi patokan agar pengerjaan (jalur ke YIA) Kereta Api bisa dimaksimalkan," katanya.

Budi menambahkan, semua itu karena YIA memiliki potensi untuk menampung 20 juta penumpang dalam setahun. Kendati demikian, Budi menyebut hal itu tidak mempengaruhi jumlah penumpang yang terbang dari ADS.

"YIA ini potensinya 20 juta (penumpang dalam setahun), kalau bisa kita cover semua. Tapi kan kita akan mengoperasikan sama-sama, antara (Bandara) Adi Sucipto sama sini (YIA). (Contoh) saat ini penumpang (ADS) sekitar 8,4 juta, say (katakan) 10 juta lah, sini 5 juta, (ADS) 5 juta, untuk second period nanti yang di sini (YIA) akan meningkat-meningkat,," ucapnya.



Simak Video "Jokowi Pastikan Bandara Kulon Progo Beroperasi Penuh saat Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com