Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 29 Agu 2019 13:14 WIB

Cek Bandara Kulon Progo, Jokowi: Ini Cepat Sekali, Cepat Sekali!

Pradito Rida Pertana - detikFinance
Presiden Jokowi di Bandara Kulon Progo/Foto: Pradito Rida Pertana Presiden Jokowi di Bandara Kulon Progo/Foto: Pradito Rida Pertana
Kulon Progo - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pembangunan Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, Jawa Tengah adalah yang tercepat di Indonesia. Selain itu, menurut Presiden Jokowi progres pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta sangat baik

"Ini adalah pekerjaan pembangunan airport yang paling cepat di Indonesia, mungkin di Dunia, ini cepat sekali ini, cepat sekali, sangat cepat sekali," ujar Presiden Jokowi saat meninjau Terminal lantai 3 Bandara Internasional Yogyakarta di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Kamis (29/8/2019).

"Dan tadi saya lihat pekerjaan (pembangunan YIA), kualitasnya juga sangat baik," imbuhnya.


Selain itu, Jokowi menyoroti kualitas runaway YIA yang menurutnya sangat bagus. Karena itu, Jokowi menyebut pesawat-pesawat berukuran besar dan terberat dapat landing dengan mulus di YIA.

"(Pesawat terbang) tripple 7, full itu bisa turun di sini, karena memang kualitas runawaynya memang sebuah kualitas yang padat," kata Jokowi.

Sementara itu, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X menjelaskan, bahwa Presiden Jokowi menilai pembangunan YIA berjalan dengan baik. Karena itu, Sultan berharap pembangunan YIA bisa selesai tepat waktu.

"(Presiden Jokowi) mengatakan sama saya bagus, pekerjaannya juga bagus, itu aja. Ya, semoga nanti beliau (Presiden Jokowi) bersedia kembali lagi melihat interiornya diresmiken," ucapnya saat ditemui di lobby depan YIA, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Kamis (29/8/2019).


Terkait kapan target penyelesaian interior YIA, Sultan belum bisa memastikannya. Namun ia menyebut, bahwa penyelesaian interior tersebut selesai tahun depan.

"Kan sampai tahun depan (penyelesaian YIA), untuk kontruksi kan baru sampai (bulan) Desember. Tapi untuk (bagian) dalem (YIA) dan sebagainya kan untuk penataan kan baru tahun depan, ya kita tunggu saja, rencananya (bulan) Maret selesai," ucap Sultan.

Simak Video "Jokowi Pastikan Bandara Kulon Progo Beroperasi Penuh saat Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com