Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 29 Agu 2019 15:54 WIB

Kereta Bandara Solo-Yogya Jalan 20 Kali Sehari

Bayu Ardi Isnanto - detikFinance
Foto: Pradito Rida Pertana Foto: Pradito Rida Pertana
Solo - PT Kereta Api Indonesia (KAI) segera mengoperasikan kereta yang menghubungkan bandara Solo-Yogyakarta. KAI memperkirakan akan ada 20 perjalanan kereta dalam sehari.

"Kita belum menghitung, tapi rencana kita pasti banyak, sampai 20-an trip per hari," kata Direktur Utama (Dirut) KAI Edi Sukmoro di Stasiun Balapan Solo, Kamis (29/8/2019).

Rencananya KAI akan mendatangkan 20 rangkaian kereta untuk rute Bandara Adi Soemarmo Solo hingga Yogyakarta International Airport di Kulon Progo. Saat ini baru ada tiga rangkaian kereta yang siap dioperasikan.

"Sekarang yang sudah tersedia tiga train set, tapi kita merencanakan mendatangkan lagi dari INKA empat train set datang lagi tahun depan. Kita juga pesan sampai dengan 20 train set tambahan," katanya.

Untuk mendukung proyek kereta bandara, KAI juga menyiapkan elektrifikasi di jalur Solo-Yogyakarta. Elektrifikasi akan dimulai bertahap mulai tahun ini.


"Dengan elektrifikasi, efisiensi dari tenaganya itu luar biasa, juga persinyalan harus mendukung. Yang diangkut kan banyak. Tahun ini dimulai tapi bertahap," katanya.

Mengenai harga tiket, hingga saat ini pihaknya masih membicarakan dengan Kementerian Perhubungan. Adapun progres jalur penghubung antara Stasiun Balapan dengan Bandara Adi Soemarmo sudah mencapai 95%.

"Kami berharap akhir tahun ini sudah tersambung, karena mereka tinggal sedikit, mungkin udah 95% selesai. Jadi nanti tersambung, masyarakat bisa mencoba kereta bandara dan ruang tunggu yang baru," tutupnya.



Simak Video "Asyik! Sebentar Lagi KA Bandara Adi Soemarmo-Boyolali Bisa Dinikmati"
[Gambas:Video 20detik]
(bai/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com