Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 03 Sep 2019 15:27 WIB

Terminal Bandara Kulon Progo Beroperasi 2020

Aditya Mardiastuti - detikFinance
Bandara Kulon Progo/Foto: Pradito Rida Pertana
Yogyakarta - PT Angkasa Pura I (Persero) menargetkan pembangunan Yogyakarta International Airport (YIA) di Kecamatan Temon, Kulon Progo bakal kelar akhir tahun ini. Operasional bandara pun bakal efektif per Januari 2020 mendatang.

'Ya kan sekarang dalam tahap penyelesaian bandara secara fisik akan selesai Desember," kata Dirut PT AP I (Persero) Faik Fahmi di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Jl Airport Nurah Rai, Badung, Bali, Selasa (3/9/2019).

Fahmi menerangkan pemindahan layanan penumpang domestik dari Bandara Adisutjipto ke Bandara Kulon Progo bakal berlaku pada Januari 2020 mendatang. Sementara layanan untuk wisatawan mancanegara dim Bandara Kulon Progo bakal mulai April 2020.


"Ya nanti karena Desember masuk peak season, penumpang tinggi, kita akan mulai pemindahan akhir Januari untuk domestik. Kemudian yang internasionalnya nanti April atau Mei," tuturnya.

Fahmi memastikan selama proses pemindahan berlangsung bandara Adisutjipto tetap bakal beroperasi. "Ya tetap," jawabnya.

Bandara Kulon Progo dirancang mampu menampung hingga 20 juta penumpang dalam satu tahun. Salah satu kelebihan YIA yakni memiliki panjang landasan pacu (runway) yang akan mencapai 3.250 meter.

Runway ini akan mampu melayani lalu lintas pesawat kecil hingga jenis pesawat komersil berbadan lebar seperti Airbus 380 serta Boeing 747 dan 777.




Simak Video "Jokowi Pastikan Bandara Kulon Progo Beroperasi Penuh saat Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com