Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 08 Sep 2019 18:55 WIB

Panjang Runway 3 Bandara Soetta Jadi 3.000 Meter di November

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Ilustrasi pesawat (iStock) Foto: Ilustrasi pesawat (iStock)
Jakarta - Runway tiga Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) sudah beroperasi sejak 15 Agustus 2019. Saat ini panjang landasan pacu tersebut 2.500 meter dan lebar 45 meter. Pada November nanti panjangnya akan bertambah.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, nantinya runway tersebut akan memiliki panjang 3.000 meter dengan lebar 60 meter.

"Memang runway direncanakan akan 3.000 meter dengan lebar 60 meter. Saat ini baru beroperasi 2.500 meter dengan lebar 45 meter," kata Budi Karya di Bandara Soetta, Cengkareng, Minggu (8/9/2019).



Untuk saat ini, lanjut dia pesawat yang bisa lepas landas maupun mendarat di runway tiga masih terbatas, misalnya tipe Boeing tipe 737 dan Airbus 320. Setelah panjangnya ditambah menjadi 3.000 meter akan mampu menampung semua jenis pesawat.

"Rencananya November kapasitas dengan panjang 3.000 meter bisa dilaksanakan dan semua jenis pesawat di dunia bisa mendarat dan take off di situ," sebutnya.

Untuk pembebasan lahan menurutnya sudah beres semuanya. Tinggal menyelesaikan proses konstruksinya saja.



"Tanahnya sudah bebas semua, cuma konstruksi sedang dikerjakan. Sekarang tinggal finishing atas saja diselesaikan. Bisa dikatakan nggak ada kendala lagi," tambahnya.

Simak Video "Perkenalkan! DILO, Robot yang akan Membantu Anda di Bandara"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com