Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 09 Sep 2019 14:11 WIB

Luhut Sebut Proyek Pelabuhan di Kulon Progo Banyak Masalah

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Uji Medianti Sukma Foto: Uji Medianti Sukma
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mendapat pertanyaan soal proyek Pelabuhan Tanjung Adikarto di Yogyakarta. Pertanyaan itu datang dari anggota DPR Fraksi Partai PDIP My Esti Wijayati.

Saat sesi pernyataan pendapat dalam rapat kerja di Badan Anggaran DPR, Esti bercerita soal Pelabuhan Tanjung Adikarto yang mangkrak selama sepuluh tahun. Bahkan, menurutnya dana ratusan miliar rupiah sudah keluar tapi tidak ada kemajuan pada proyek itu.

"Saya mau tanya soal pelabuhan Tanjung Adikarto di Yogyakarta. Ini sudah berjalan sejak 10 tahun sharing anggaran pusat dan daerah, sudah ratusan miliar dikeluarkan hanya saja sampai saat ini enggak ada perkembangan Pelabuhan Kulonprogo akan kelar," kata Esti di Ruang Sidang Banggar DPR, Jakarta, Senin (9/9/2019).

Esti mengatakan, proyek ini sebetulnya bermasalah perencanaannya. Dia meminta Luhut tidak membiarkan proyek ini mangkrak.

"Secara teknis katanya tidak memungkinkan. Meski ini dimulai bukan pas zaman Pak Jokowi, tapi kita tidak bisa membiarkan ini jadi mangkrak," kata Esti.


Menjawab Esti, Luhut mengakui pelabuhan tersebut memang kurang baik perencanaannya. Luhut juga mengatakan pihaknya sedang memperbaiki masalah itu.

"Tadi mengenai pelabuhan di Kulonprogo, itu rada nggak enak juga bicaranya, tapi memang itu hampir semua memang kurang baik perencanaannya, sekarang kita perbaiki," kata Luhut.

Luhut menambahkan laporan dari bawahannya sejak 2004 entah mengapa pelabuhan ini dibangun dengan masalah. Mulai dari studi tidak lengkap, hingga ke pekerja yang tidak layak.

"Laporan dari deputi saya, sejak 2004 ini memang bermasalah. Kami memang banyak alami masalah ini, dimana studi nggak lengkap, pekerjanya nggak proper," kata Luhut.

"Jadinya nggak fungsi dengan bagus, jadi memang harus diperbaiki, sekarang kita perbaiki," tegasnya



Luhut Sebut Proyek Pelabuhan di Kulon Progo Banyak Masalah


Simak Video "Luhut Minta Jokowi Setop Impor Garam 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com