Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 09 Sep 2019 17:45 WIB

Mau Beroperasi, Berapa Tarif Tol Jakarta-Cikampek Layang?

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Tol Jakarta-Cikampek elevated (layang) segera beroperasi pada awal 2020 mendatang. Rencananya, tol ini akan dibuka fungsional terlebih dahulu pada musim liburan Natal 2019 dan tahun baru 2020 mendatang.

Berdasarkan data perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) yang ditandatangani 2016 lalu, tarif tol yang menelan biaya investasi Rp 16,2 triliun ini sebesar Rp 1.250/km.

General Manager Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Raddy R Lukman mengungkapkan tarif yang berlaku untuk tol Jakarta-Cikampek II bisa berubah lebih rendah di bawah Rp 1.250/km. Caranya dengan menerapkan skema blended atau digabungkan dengan perhitungan tarif tol Jakarta-Cikampek eksisting.

Hal ini dengan catatan usulan yang diajukan perseroan disetujui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR.

"Kalau nanti blended pasti berbeda, kan kombinasi dengan yang di bawah mungkin jadi turun (tarif keseluruhan) dan sebagainya," kata Raddy saat dihubungi detikcom, Jakarta, Senin (9/9/2019).



Dengan skema blended, maka tarif tol Jakarta-Cikampek eksisting otomatis akan menjadi lebih tinggi dari saat ini. Namun belum diketahui berapa tarif blended yang akan digunakan nantinya.

"Baru sekali kita rapat bersama dan pasti akan ada pembahasannya. Tapi usulan Jasa Marga tarifnya blended," jelasnya.

Dapat diketahui, progres pembangunan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) atau Tol Layang Japek mencapai 95,11% hingga akhir Agustus. Konstruksi tol ini ditargetkan selesai pada akhir September 2019.

Mulanya, tol ini ditargetkan bisa digunakan untuk mendukung mudik Lebaran tahun ini. Namun baru pada Natal 2019 Desember mendatang tol yang dikelola Jasa Marga ini ditargetkan sudah mulai bisa dipakai secara fungsional alias masih gratis.

Sisa pekerjaan yang cukup kritis dalam proyek ini adalah penyelesaian relokasi menara saluran udara tegangan ekstratinggi (SUTET) di Km 17. Pekerjaan itu harus diselesaikan dalam periode waktu yang sangat ketat.



Simak Video "Truk Tangki Melintang di KM 27 Tol Cikarang Barat, Lalin Padat"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com