Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 10 Sep 2019 18:02 WIB

Tol Kayu Agung-Palembang 35 Km Dibuka Gratis Oktober

Raja Adil Siregar - detikFinance
Tol Kayu Agung-Palembang/Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi Tol Kayu Agung-Palembang/Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Palembang - Tol Trans Sumatera ruas Kayu Agung-Palembang segera dibuka fungsional pada Oktober nanti. Selama masih fungsional, ruas tol sepanjang 35,5 kilometer (km) itu gratis.

"Fungsional ruas jalan tol itu rencananya dilakukan bersamaan dengan peresmian ruas jalan tol Lampung-Palembang oleh Presiden Joko Widodo. Rencana di awal Oktober nanti," ujar Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Palembang, Selasa (10/9/2019).

Herman Deru menyebut sejauh ini ruas jalan tol Kayu Agung-Palembang sudah layak fungsional, sehingga bakal bisa digunakan masyarakat.


"Karena sudah layak fungsi itulah, jalan tol ini bisa digunakan masyarakat dan ini tidak berbayar alias gratis. Semoga ini bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Selain itu kehadiran ruas tol Kayu Agung-Palembang, termasuk nantinya Palembang-Betung, bisa memecah penumpukan di jalan lintas timur Sumatera.

"Posisi sekarang itu setelah ada ruas tol Lampung-Palembang, maka jalan di ruas lintas timur menjadi lebih padat. Setelah tol Kayu Agung-Palembang lanjut lagi ke tol Palembang-Betung, jika sudah beres, penumpukan ini tentu bisa terpecah," terang Herman Deru.


Dia menambahkan untuk ruas tol Palembang-Betung tetap terealisasi sesuai target, di awal 2020 beroperasi.

"Semuanya sudah clear, termasuk untuk pembebasan lahan. Kita tinggal tunggu saja ini masuk proyek strategis nasional," tuturnya.

Simak Video "Jokowi Minta Tol Lampung-Palembang Diresmikan April 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(ras/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com