Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 16 Sep 2019 10:48 WIB

RI-Jepang Kumpul Bareng Bahas Infrastruktur Terowongan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Wisma Putra Foto: Wisma Putra
Jakarta - Pemerintah Indonesia dan Jepang melakukan seminar bersama membahas perencanaan terowongan. Nantinya, kedua belah pihak akan saling berbagi soal pengetahuan mengenai terowongan.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sugiyartanto mengatakan terowongan merupakan inovasi konstruksi modern. Menurutnya, terowongan dapat menjadi alternatif pemanfaatan ruang bawah tanah.

"Pembangunan terowongan ini jadi salah satu inovasi pembangunan. Terowongan ini merupakan pemanfaatan underground space yang efektif," kata Sugiyartanto, di Komplek Kementerian PUPR, Senin (16/9/2019).


Dia mencontohkan salah satu proyek terowongan yang sukses yaitu pembangunan MRT Jakarta. Menurutnya, MRT menjadi contoh sukses karena dapat menekan kemacetan Jakarta.

"MRT ini menjadi solusi kemacetan di DKI Jakarta, MRT dibangun di pusat kota yang padat dan diselesaikan tanpa ganggu wilayah sekitar, solusi yang sama bisa digunakan di kota besar," kata Sugiyartanto.

Indonesia sendiri saat ini sedang membangun beberapa proyek dengan terowongan. Beberapa proyek besarnya seperti jalan tol Cisumdawu dan underpass menuju Bandara Kulon Progo.

Simak Video "Struktur Terowongan Tol Desari Ambruk, 5 Pekerja Terluka"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com