Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 16 Sep 2019 14:15 WIB

Underpass Bandara YIA Selesai Lebih Cepat, November Bisa Dipakai

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Dok. Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR. Foto: Dok. Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR.
Jakarta - Bandara Baru Yogyakarta di Kulon Progo akan segera dihubungkan dengan underpass. Jalan di bawah terowongan ini akan membentang sepanjang 1,3 km menuju bandara baru ini.

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto menyatakan proyek underpass ini hampir selesai. Dia menyatakan November ini akan bisa digunakan, lebih cepat sebulan dari targetnya di bulan Desember 2019.

"Underpass YIA kan sudah mau selesai bentar lagi selesai hampir 100% ya saya lupa detilnya, lahan nggak ada masalah juga. Lebih awal malah November udah bisa selesai," kata Sugiyartanto, di kantornya, Senin (16/9/2019).

"Saat ini mereka baru cek kesiapan buat SOPnya, maintenancenya ke depan," katanya.

Bahkan nantinya di underpass ini akan ada hiasan berupa diorama penari dengan lampu warna-warni di sisi jalan terowongan.

"Kemarin juga kita sepakati dengan ngarso dalem Sri Sultan terhadap diorama di dalam tunnel. Beliau sarankan ada penari kiri kanan dengan lampu untuk mempercantik terowongan," kata Sugiyartanto.

Underpass YIA dibangung tepat di bawah bandara. Underpas ini masuk dalam ruas Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang menghubungkan Purwokerto dan Yogyakarta.

Underpass ini juga disebut-sebut akan menjadi jalan bawah tanah terpanjang di Indonesia. Total panjangnya mencapai 1.302 meter.

Simak Video "Jokowi Pastikan Bandara Kulon Progo Beroperasi Penuh saat Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com