Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 16 Sep 2019 16:11 WIB

Makin Ramai, Bandara Kulon Progo Layani 34 Penerbangan/Hari

Pradito Rida Pertana - detikFinance
Foto: Pradito Rida Pertana Foto: Pradito Rida Pertana
Kulon Progo - General Manager PT. Angkasa Pura (AP) I Yogyakarta, Agus Pandu Purnama menyebut ada tambahan 20 penerbangan dari Yogyakarta International Airport (YIA) bulan depan. Menurutnya, 20 penerbangan itu adalah penerbangan domestik dengan rute baru.

"Insyaallah nanti akan menambah (jadwal) penerbangan, (maskapai) Citilink ada 3 rute tambahan, dan di akhir bulan ini (maskapai) Lion menambah 7, berarti flight-nya ada tambahan sekitar 20 lagi," ucap Pandu saat ditemui di Kantor Helpdesk AP I, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Senin (16/9/2019).

Pandu menjelaskan, beroperasinya 20 jadwal penerbangan itu dimulai bulan depan. Menurut Pandu, saat ini di YIA sudah melayani 14 penerbangan dan dengan tambahan tersebut maka jumlah penerbangan di YIA akan semakin ramai.

"Insyaallah 20 penerbangan ini akan meramaikan YIA, 20 penerbangan tambah 14 penerbangan, jadi ada 34 Penerbangan di YIA dan ini rute baru semua," kata Pandu.


Pandu menambahkan, bertambahnya jadwal penerbangan di YIA bukan berasal dari pemindahan jadwal penerbangan di Bandara Adi Sucipto. Dia mengatakan, tambahan penerbangan itu nantinya akan ditambahkan dengan pemindahan jadwal penerbangan dari Bandara Adi Sucipto ke YIA.

Menurutnya, dengan penambahan jadwal penerbangan dari YIA membuat jumlah penumpang di YIA tahun depan semakin banyak.

"Sehingga pada saat Januari (tahun 2020) kita akan memindahkan sekitar 160 penerbangan dari Bandara Adi Sucipto (ke YIA), maka bisa hitung sendiri berapa penerbangan yang ada di YIA," ucapnya.

"Dan untuk penerbangan yang dipindahkan ke sini (YIA) adalah seluruh penerbangan domestik," imbuh Pandu.

Sebelumnya, Direktur Utama (Dirut) PT. Angkasa Pura (AP) I, Faik Fahmi memastikan Yogyakarta International Airport (YIA) beroperasi penuh pada bulan Mei 2020. Karena itu, AP I akan menambah jadwal penerbangan di YIA dan awal tahun mulai memindahkan seluruh penerbangan domestik ke YIA.

"Sekarang ini ada 3 airlines (maskapai) yang mengoperasikan (penerbangan ke YIA), dan perhari ada sekitar 14 movement sampai dengan hari ini, dan nanti di bulan September akan menambah lagi 14 movement," ujar Faik.


Selain itu, pada akhir tahun ini AP I menargetkan ada 4000 penumpang setiap hari di YIA.

General Manager PT. Angkasa Pura (AP) I Yogyakarta, Agus Pandu Purnama mengatakan, bahwa jumlah penumpang yang berangkat dan datang melalui YIA terus bertambah. Bahkan, di akhir pekan jumlah penumpang di YIA mengalami peningkatan.

"Saat ini dalam sehari ada 1200 lebih (penumpang), puncaknya itu hari Sabtu dan Minggu sampai tembus 1800 (penumpang)," ujar Pandu saat ditemui di Kantor Helpdesk AP I, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Senin (16/9/2019).

Berkaca dari hal tersebut, Pandu mengaku jumlah penumpang saat akhir tahun akan mengalami peningkatan hingga 100 persen. Terlebih, menjelang akhir tahun banyak jadwal penerbangan yang bertambah di YIA.

"Akhir tahun kan ada penambahan, penambahan lebih dari 100 persen. Jadi target saya sekitar 4000 (penumpang) deh, sekitar 4000 target untuk sampai dengan akhir tahun ini perharinya kita bisa tembus," ucap Pandu.

Simak Video "Jokowi Pastikan Bandara Kulon Progo Beroperasi Penuh saat Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com