Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 17 Sep 2019 10:33 WIB

BJ Habibie Diusulkan Jadi Nama Bandara Kertajati, Begini Syaratnya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Bandara Kertajati diusulkan mau diganti namanya dengan nama Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie. Usul tersebut disampaikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun menanggapi hal ini. Menurutnya sah-sah saja bandara diganti namanya, asalkan dapat restu dari DPRD.

"Sesuai prosedur, nama bandara itu diusulkan Pemda harus dengan disetujui DPRD. Sejauh itu disetujui ya kami akan ganti namanya," ujar Budi di kantornya, Selasa (17/9/2019).


Budi mengaku usulan ganti nama itu belum dilaporkan Pemprov ke pihaknya. Intinya, dia hanya mengatakan urusan ganti nama pengurusannya bersama DPRD.

"Belum sampai sih di Kemenhub. Ya pokoknya tergantung DPRD mengusulkan," ucap Budi.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat berencana memberi nama baru ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati. Nama yang dipertimbangkan adalah Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie, Presiden ke-3 Indonesia.


Sosok BJ Habibie dianggap layak dan memiliki peran penting dalam perkembangan industri dirgantara tanah air. Selain itu, nama BJ Habibie sempat diusulkan lewat media sosial.

Simak Video "Lahan di Area Bandara Kertajati Terbakar"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com