Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 18 Sep 2019 12:07 WIB

Japek Layang Bakal Jadi Tol Elevated Terpanjang di RI

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Tol Japek Layang - Trio Hamdani/detikcom Foto: Tol Japek Layang - Trio Hamdani/detikcom
Jakarta - Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) bakal menjadi tol layang terpanjang di Indonesia. Tol Layang Japek ini membentang sepanjang 36 kilometer (KM) di atas Tol Japek Eksisting. Rencananya tol ini bisa digunakan saat Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Ini memang jalan tol terpanjang layang pertama di Indonesia sepanjang 36 km," kata Project Manager Tol Jakarta- Cikampek II Elevated Fatkhur Rozaq di lokasi proyek, KM 17, Rabu (18/9/2019).

Dia menjelaskan, hingga 15 September 2019, progres pekerjaan proyek sudah 96%, baik yang dikerjakan oleh Waskita maupun PT Acset Indonusa Tbk (ACST). Jadi tol ini digarap oleh KSO antara Waskita dan Acset.


"Progres pekerjaan kita sampai dengan saat ini, 15 September adalah 96,5%. Ini, yang dikerjakan Waskita ini kurang lebih juga 96%," sebutnya.

Pada 10 September lalu, proses pekerjaan erection girder yang terakhir juga telah berhasil dilakukan, tapi belum tersambung sempurna. Pekerjaan ini cukup membuat arus lalu lintas di Tol Japek Eksisting menjadi macet.

"Ini bisa kita selesaikan terakhir erection 10 September. Jadi sudah total 2.573 girder kita kerjakan dengan selamat. Di lokasi Waskita sendiri ada 1.305 girder," tambahnya.


Sebagai informasi, Proyek Tol Japek II Elevated diperoleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk pada tahun 2017 dengan nilai kontrak Rp 13,53 triliun dan ditargetkan selesai pada tahun ini.

Simak Video "Mantap! Tol Japek Gratis Selama Libur Nataru"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com