Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 18 Sep 2019 14:12 WIB

Tol Japek Layang Kantongi Sertifikat Laik Operasi Bulan Depan

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani Foto: Trio Hamdani
Jakarta - Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) ditargetkan menerima sertifikat laik fungsi pada Oktober 2019. Dengan demikian tol layang tersebut bisa digunakan saat Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru).

"Diharapkan akhir Oktober ini sudah ada sertifikasinya untuk bisa dinyatakan jalan ini bisa layak untuk difungsionalkan atau operasikan," kata Project Manager Tol Jakarta- Cikampek II Elevated Fatkhur Rozaq di lokasi proyek, KM 17, Rabu (18/9/2019).

Seluruh pekerjaan konstruksi ditargetkan rampung September ini. Dengan begitu selanjutnya bisa dilaksanakan uji laik operasi.

"Ini bagian dari proses uji laik operasi atau jalan layang ini bisa difungsikan harus melalui uji beban, uji kekesatan. Ini yang menjadi faktor cukup siginifikan adalah uji beban," jelasnya.


Menurutnya tol layang dengan bentang panjang 36 KM menjadi tantangan tersendiri. Uji beban ini, sesuai arahan dari KKJTJ harus dilakukan di semua pekerjaan long span dan pekerjaan-pekerjaan dengan span-span yang mewakili.

Menurutnya ada beberapa titik yang harus dilakukan uji beban, dan itu juga membutuhkan waktu dan instalasi instrumen yang membutuhkan tingkat ketelitian dan pengamatan yang tinggi. Ditargetkan uji beban ini berlangsung selama Oktober.


"Setelah itu baru dibuatkan sertifikasinya untuk jalan layang ini bisa aman untuk dioperasikan. Mungkin tahapan-tahapan pekerjaannya seperti itu," tambahnya.

Simak Video "Tol Layang Jakarta-Cikampek Bisa Dipakai Mulai 20 Desember 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com