Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 19 Sep 2019 10:43 WIB

Tol Japek Layang Jadi Dipakai Saat Natal Pak Basuki?

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Panto Tol Japek Layang (Vadhia Lidyana/detikFinance) Foto: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Panto Tol Japek Layang (Vadhia Lidyana/detikFinance)
Bekasi - Progres pembangunan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) atau Tol Layang Japek sudah mencapai 96,5%. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, operasional penuh Tol Japek Layang ditargetkan mulai November 2019.

"Beroperasi secara fungsional (gratis) target bulan Oktober. Operasional (bertarif) November paling cepat. Kita upayakan secepatnya," kata Basuki ketika mengunjungi proyek pembangunan Tol Japek Layang, di kilometer (km) 13, Bekasi Barat, Kamis (19/9/2019).

Basuki mengatakan, uji beban Tol Japek Layang ini akan dilakukan pada 23 September 2019. Saat ini, kontraktor tengah membangun akses truk yang menjadi objek uji beban.

"Mulai tanggal 23 September mulai uji beban. Iya (menunggu akses truk), karena masih ada yang belum. Ada expansion joint yang belum dipasang, kalau itu sudah bisa disiapkan seperti ini, sudah bisa truk masuk," terang Basuki.
Apabila uji beban sudah tuntas, Basuki mengatakan akan segera memulai operasi tol yang ditunggu-tunggu masyarakat ini.

"Kalau nanti uji bebannya oke, kemudian uji layak oke, pasti sudah operasional, tidak coba-coba lagi, jadi bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Ini memang sangat ditungggu, karena ke Bandung yang tadinya bisa empat jam, dengan ini lebih lancar lagi," ujarnya.
Mengenai tarif Tol Japek Layang, Direktur Utama Jasamarga Desi Arryani mengungkapkan, pihaknya masih mendiskusikan tarif yang tepat dengan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, dan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT).

"Tarif masih dibahas, kami masih presentasi Bina Marga dan BPJT. Mekanisme traffic-nya ini seperti apa, ini masih terus dibahas," imbuh Desi.

Kemudian, mengenai golongan kendaraan, hingga saat ini kata Desi, masih sama dengan rencana awal yaitu kendaraan golongan I yang bisa menggunakan tol layang ini.



Tol Japek Layang Jadi Dipakai Saat Natal Pak Basuki?


Simak Video " Menilik Jalan Tol Pertama di Kalimantan"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com