Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 19 Sep 2019 10:50 WIB

Ridwan Kamil: Kertajati Ganti Nama Jadi Bandara BJ Habibie, Setuju?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meminta pendapat warganya mengenai rencana mengganti nama Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati. Nama yang dipertimbangkan adalah Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie, Presiden ke-3 Indonesia.

Emil sapaan akrabnya, melakukan survei melalui akun Instagram-nya untuk mengetahui pendapat masyarakat, khususnya warga Jabar.

"Apakah netizen setuju khususnya yang warga Jawa Barat setuju jika Bandara Internasional Kertajati didedikasikan menjadi Bandara Internasional BJ Habibie?" tulis Emil dalam postingan Instagram-nya, Kamis (19/9/2019).


Sosok BJ Habibie dianggap layak dan memiliki peran penting dalam perkembangan industri dirgantara tanah air. Selain itu, nama BJ Habibie sempat diusulkan lewat media sosial.

"Saya sudah dengar, memang sejalan dengan apa yang saya pikirkan. Hanya butuh proses saja. Saya kira ide baik ini akan follow up," katanya, di Gedung Sate, Kota Bandung, 16 September 2019.

Dia menyebut, nama BJ Habibie layak untuk diabadikan menjadi nama bandara. Apalagi masa muda sosok jenius tersebut tidak bisa dilepaskan dengan Kota Bandung, Jawa Barat.


"Pandangan saya juga beliau bertemu cintanya di Jabar, sebelum ke Jerman sekolah di Jabar. Mendirikan IPTN (sekarang PT DI) di Jabar. Kalau dikasih list memberikan apresiasi menamai sebuah hal ya pasti berhubungan dengan kedirgantaraan," ucapnya.

Dia mengaku akan membahas wacana ini bersama DPRD. Karena menurutnya untuk menamai sesuatu terutama yang penting butuh kesepahaman dengan semua pihak.

"Memang Kertajati masih nama tempat ya, nanti kita bicarakan dengan DPRD karena butuh kesepahaman. Tapi idenya diapresiasi dan akan kami tindaklanjuti," tambahnya.


Ridwan Kamil: Kertajati Ganti Nama Jadi Bandara BJ Habibie, Setuju?


Simak Video "Ridwan Kamil soal Wacana Pembentukan Bogor Raya: Bukan Urgensi"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com