'Dikepung' Proyek Tol Cisumdawu, SDN Cijolang Dipindah ke Pesantren

Vadhia Lidyana - detikFinance
Kamis, 19 Sep 2019 18:57 WIB
Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Sumedang - SDN Cijolang Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat merupakan salah satu fasilitas umum yang terkepung oleh proyek Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Dari pantauan detikcom ketika meninjau proyek Tol Cisumdawu bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), lokasi sekolah tersebut memang berada di tengah-tengah proyek pembangunan.

Lalu, bagaimana nasib sekolah dan murid-muridnya?
Kepala Satuan Kerja Pembangunan Tol Cisumdawu Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Yusrizal Kurniawan mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Sumedang untuk merelokasi sekolah.

"Kita sudah koordinasi dengan Pemda Sumedang. Mereka menyediakan lahan untuk relokasi sekolah," terang Yusrizal di Seksi II Proyek Tol Cisumdawu, Kamis (19/9/2019).

Ia mengatakan, lokasi belajar para murid SDN Cijolang untuk sementara waktu dipindahkan ke sebuah pesantren.

"Jadi murid-murid itu sementara pindah ke pesantren dulu," ujar dia.
Yusrizal mengungkapkan, PT Citra Karya Jabar Tol (CKTJ) yang akan membangun gedung baru untuk menjadi pengganti SDN Cijolang yang harus dirubuhkan.

"Kemudian SD dibangun oleh CKTJ, lalu tiga bulan selesai maka murid-murid pindah lagi ke SD yang baru. Sementara yang tadi di tengah tol kita demolish (diratakan) untuk pembangunan, karena itu di tengah-tengah," pungkas Yusrizal.

Simak Video "Keterlaluan! Pria Ini Curi Puluhan Besi Pembatas Jalan Tol"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)