Proyek Tol Cijago Seksi II Masih Dihiasi Spanduk Protes, Mangkrak?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Jumat, 20 Sep 2019 12:03 WIB
Foto: Fadhly F Rachman/detikFinance
Depok - Meski pengerjaan konstruksi Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi II Tol Cijago menghubungkan Raya Bogor ke Kukusan sudah selesai, namun proyek tersebut masih menyisakan masalah pembebasan lahan.

Berdasarkan pantauan detikcom, Jumat (20/9/2018), terdapat sejumlah spanduk yang dipanjang bertuliskan 'Pak Jokowi, 16 Bidang Tanah & Bangunan Kami Belum Dibayar Tol Cijago. Agar Lebih Berkah, Tolong Diselesaikan. Terima Kasih'.

Proyek Tol Cijago Seksi II Masih Dihiasi Spanduk ProtesFoto: Fadhly F Rachman/detikFinance

Ada spanduk dengan tulisan 'Tol Cijago Seksi II Diresmikan... Gak Malu Ya...? Tanah dan Bangunan Kami Rata & Belum Dibayar!!. Di bagian bawah spanduk banyak ditambahi dengan embel-embel 'Kukusan Berjuang'.

Selain di tembok pinggir tol, beberapa bangunan warga juga ditempeli spanduk. Tulisan spanduk di bangunan warga sama dengan yang berada si tembok jalan tol. Dari pantauan, setidaknya ada 5 spanduk yang menghiasi wilayah tersebut.

Berdasarkan keterangan beberapa warga sekitar sendiri, sebenarnya biaya pembebasan lahan sudah diberikan oleh pemerintah. Cuma, masih ada warga yang belum mau menerimanya karena harga pembebasan lahan tak sesuai dengan yang diinginkan.

Proyek Tol Cijago Seksi II Masih Dihiasi Spanduk ProtesFoto: Fadhly F Rachman/detikFinance

"Kalau dibayar mah sudah, cuma orangnya saja yang nggak mau ambil. Mereka minta Rp 30 juta per meter. Itu masih ada 16 orang kalau nggak salah," kata salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya.

Sementara, untuk Seksi II Tol Cijago menghubungkan Raya Bogor ke Kukusan sudah terlihat hampir rampung. Hal itu terlihat dari ruas jalan yang telah terlapisi beton. Sedangkan untuk Seksi III menghubungkan Kukusan hingga Cinere belum terlihat progres pembangunan atau konstruksi.


Proyek Tol Cijago Seksi II Masih Dihiasi Spanduk Protes


Simak Video "Proyek Tol Cijago Sudah Sampai Kampus UI"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/das)