Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 26 Sep 2019 18:14 WIB

KA Logistik Tonasa-Garongkong Ditargetkan Wira-wiri Agustus 2020

Muhammad Nur Abdurrahman - detikFinance
Halaman 1 dari 3
Foto: Muhammad Nur Abdurrahman/detikcom Foto: Muhammad Nur Abdurrahman/detikcom
Makassar - Pemerintah mempercepat pembangunan Proyek Jalur Kereta Api (KA) Makassar-Parepare segmen 3 lintas dari Kabupaten Barru hingga Kabupaten Maros. Jalur tersebut akan melintas sejauh 62,95 kilometer.

Pemerintah sedang mempercepat pengadaan tanah untuk jalur rel, dengan bekerja sama dengan pihak terkait yakni Pemprov Sulsel, Kejaksaan Tinggi Sulsel, Kanwil ATR BPN Sulsel, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Lembaga Manajemen Aset Negara, Pemkab Barru, Pemkab Pangkep, dan Pemkab Maros.

"Semoga Agustus 2020 mendatang Kereta Api logistik maupun penumpang dengan lintas Tonasa (Pangkep) ke Garongkong (Barru) sudah dapat beroperasi. Ini merupakan hadiah untuk masyarakat Sulawesi Selatan, sepanjang 70-80 km. Jadi bisa mengangkut semen dari Tonasa ke Garongkong, atau dari Garongkong mengangkut batubara ke Tonasa," tutur Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam Rapat Koordinasi Terkait Pengadaan Tanah Jalur KA Makassar - Pare Pare di Kantor Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan Makassar, Kamis (26/9/2019).

Setelah jalur Garongkong-Tonasa rampung, lanjut Budi, proyek selanjutnya pada Tahun 2021 jalur rel dapat terkoneksi hingga Makassar. Bagaimana progres pengadaan tanah proyek kereta Makassar Parepare segmen 3? Baca selengkapnya di sini: (mna/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com