Proyek Kereta Makassar-Parepare Lagi Digarap, Ini Progresnya

Billy Triantoro - detikFinance
Kamis, 26 Sep 2019 22:45 WIB
Proyek Kereta Makassar-Parepare Lagi Digarap, Ini Progresnya
Foto: Pool

Kereta logistik maupun penumpang dengan lintas Tonasa - Garongkong pada bulan Agustus 2020 mendatang dipastikan sudah bisa beroperasi. Hal ini merupakan hadiah bagi masyarakat Sulawesi Selatan dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Demikian penjelasan Menhub, Budi Karya Sumadi, seusai Rapat Koordinasi Terkait Pengadaan Tanah Jalur KA Makassar – Pare Pare di Kantor Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan Makassar, Kamis (26/9).

"Di ulang tahun kemerdekaan kita di tahun depan, kita akan menghadiahkan sepanjang 70-80 km dari posisi Tonasa menuju Garongkong. Bisa dibayangkan disana sudah ada kereta logistik dan penumpang. Jadi bisa mengangkut semen dari Tonasa ke Garongkong, atau sebaliknya, dari Garongkong mengangkut batubara ke Tonasa," jelas Menhub.

"Saya akan mengundang presiden kesini, dan kita 3 tahun berturut-turut akan menghadiahkan ini kepada masyarakat Sulawesi Selatan. Berikutnya yaitu sampai Pangkep dan sampai Bosowa, kemudian tahun ketiganya baru sampai Makassar," imbuhnya.



(bit/hns)