Sempat Molor, LRT Cibubur-Cawang Bakal Diuji Coba Pekan Depan

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Selasa, 01 Okt 2019 18:23 WIB
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyebut uji coba LRT Jabodebek rute Cibubur-Cawang akan dilakukan pekan depan. Uji coba dilakukan menunggu kedatangan kereta.

"LRT kita mungkin minggu depan taruh kereta yang untuk Cibubur-Cawang dites dulu," ujar Rini di Stasiun Jakarta Kota, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Uji coba LRT pada rute ini akan menjadi yang pertama karena seluruh lintasannya sudah tersambung. Rencana uji coba moda transportasi massal ini juga sempat muncul pada Juli dan September. Namun hingga kini belum tampak wujudnya.



Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada awal Agustus lalu mengatakan uji coba LRT Cibubur-Cawang dilakukan pada bulan ini. Uji coba dilakukan selama enam bulan.

"Kereta-keretanya sudah siap, dan semoga bisa diujicobakan mulai Oktober selama enam bulan paling tidak. Saat LRT Palembang sebenarnya uji coba membutuhkan waktu hampir satu tahun, tapi karena untuk LRT ini kereta sudah diuji sehingga hanya enam bulan saja," jelas Budi di Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman, Senin (5/8) dikutip dari CNN Indonesia.

Per Agustus, progres pembangunan LRT Jabodebek sudah mencapai 64,6%. Adapun rinciannya meliputi Cawang-Cibubur mencapai 84.,29%, Cawang-Dukuh Atas mencapai 54,263%, Cawang-Bekasi Timur mencapai 58,304%.



Simak Video "Asyik! November 2019, LRT Siap Beroprasi"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/eds)