Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 01 Okt 2019 21:35 WIB

Sempat Dijadwalkan, Pengumuman Tarif Baru Jalan Tol Batal

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menunda pengumuman kenaikan tarif tol. Sebelumnya, Kementerian PUPR menjadwalkan jumpa pers pengumuman tarif baru jalan tol, namun tak jadi terlaksana hari ini.

Dalam jadwal yang tersebar ke awak media, jumpa pers itu akan membahas evaluasi Standar Pelayanan Minimal (SPM) Tol Jakarta-Tangerang dan Tangerang-Merak. SPM sendiri dinilai menjadi salah satu indikator penentuan tarif jalan tol.

Saat dikonfirmasi, Kepala Biro Komunikasi Publik PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan jumpa pers sedianya akan dilakukan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit dan Dirut Jasa Marga Desi Arryani. Endra menyebut jumpa pers ditunda karena kedua narasumber sedang ada jadwal lain.

"Yaa itu mereka ada tugas yang lain berarti. Kan ada Pak Danang (BPJT) di situ, ada bu Desi (Jasa Marga) juga. Cuma di-arrange jadwal aja kok, nggak ada alasan khusus," kata Endra kepada detikcom, Selasa (1/10/2019).


Soal kenaikan tarif tol sendiri, Danang Parikesit mengatakan bahwa pihaknya masih membahas hal tersebut. Salah satunya adalah mengenai evaluasi SPM yang dipenuhi beberapa operator jalan tol.

"Masih dibahas (soal kenaikan tarif). Kita juga akan mereview SPM mereka selama dua tahun ini, terutama SPM terakhir semester I 2019," kata Danang saat dihubungi detikcom.


Sebelumnya Danang menjelaskan penyesuaian tarif tol dilakukan berdasarkan perjanjian pengusahaan jalan tol. Setidaknya ada 13 ruas tol yang sesuai aturan akan disesuaikan tarifnya.

"Secara perjanjian pengusahaan ada beberapa ruas yang sudah memang dimungkinkan untuk dinaikkan tarif," ujarnya di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (27/9/2019) lalu.

Soal besarannya, Danang menyebut akan mengikuti laju inflasi. "Tergantung inflasi masing-masing daerah lokasi tol," tambahnya.

Simak Video " Menilik Jalan Tol Pertama di Kalimantan"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com