Kereta LRT Buatan INKA Mendarat di Jakarta Sabtu Ini

Herdi Alif Alhikam - detikFinance
Kamis, 03 Okt 2019 14:24 WIB
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Kereta-kereta dari Pabrik INKA di Madiun akan diuji coba Moda Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek. Uji cobanya sendiri akan dilakukan minggu depan.

Direktur Operasi II Adhi Karya Pundjung Setya Brata menyatakan tanggal 5 Oktober nanti atau tepatnya Sabtu besok rangkaian pertama kereta LRT akan sampai di Jakarta.

"Tanggal 5 (Oktober) itu dari INKA dikirim sampe di site (lokasi) akan diangkat. Dari sisi pelaksanaan sudah disiapkan alat angkatnya," kata Pundjung di kantor Kemenko Kemaritiman, Kamis (3/10/2019).

Nantinya, ada enam gerbong kereta alias satu rangkaian yang akan dikirimkan dari Madiun ke Jakarta hari Sabtu ini.




"Total kan 180 gerbong (yang dipesan), nanti yang dikirim rangkaian pertama dulu enam kereta," ungkap Pundjung.

Setelah itu, setiap bulannya ada 18 gerbong yang dikirim. Atau sama juga dengan tiga rangkaian per bulan.

"Setelah itu sukses nanti tiap bulan ada tiga rangkaian, ada 18 gerbong yang akan dikirim," papar Pundjung.


Meski belum memiliki depo, pihak Pundjung menyebutkan, bahwa kereta-kereta yang sudah ada akan diletakkan di lintasan dari Stasiun Cibubur hingga ke Cawang.

"Untuk lokasi penyimpanan itu dari Cibubur-Ciracas. Meskipun, uji coba dilakukan di sana juga kan ada double track di situ," kata Pundjung.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menegaskan uji coba LRT Jabodebek rute Cibubur-Cawang akan dilakukan pekan depan. Uji coba dilakukan menunggu kedatangan kereta.

"LRT kita mungkin minggu depan taruh kereta yang untuk Cibubur-Cawang dites dulu," ujar Rini di Stasiun Jakarta Kota, Jakarta, Selasa (1/10/2019).



Simak Video "Asyik! November 2019, LRT Siap Beroprasi"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)