Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 03 Okt 2019 14:48 WIB

Semringah! Warga Cibatu Lihat KA Melintas Lagi Setelah 36 Tahun

Mukhlis Dinillah - detikFinance
Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom
Garut - Senyum merekah terlihat pada wajah warga Cibatu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyambut kereta inspeksi yang melintas di Jalur reaktivasi rute Cibatu - Wanaraja. Mereka antusias melihat kereta api kembali 'hidup' di wilayahnya.

Wajar saja, 36 tahun berlalu warga Cibatu tak mendengar ada kereta api yang melintas lagi. Kini, mereka kembali melihat pemandangan baru jalur Cibatu - Wanaraja sejauh 9,2 kilometer (km) pada jalur reaktivasi Cibatu - Garut sepanjang 19,5 kilometer selesai.

Setelah sebagian jalur selesai diaktivasi, PT KAI sudah tiga kali melakukan uji coba lintasan. Kali ini, Dirut PT KAI Edi Sukmoro ikut dalam uji coba menggunakan kereta inspeksi dari Stasiun Bandung hingga berakhir di Stasiun Wanaraja.

Dalam perjalanan, Edi yang duduk di depan samping masinis seksama melihat jalur reaktivasi tersebut. Ada momen menarik ketika Edi terus melambaikan tangan ke arah warga begitu sebaliknya. Warga tampak bahagia melihat kereta api melintas.

"Mereka kelihatannya senang sekali ada kereta melintas lagi," kata Edi menggambarkan antusiasme warga Cibatu.

Senyum semringah warga sambut kereta di jalur reaktivasi Cibatu-WanarajaSenyum semringah warga sambut kereta di jalur reaktivasi Cibatu-Wanaraja Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom

Masinis tampak sesekali membunyikan 'semboyan 35' atau suling lokomotif. Suara itu seolah-olah memanggil warga sekitar untuk keluar rumah melihat kereta api yang tengah melintas. Baik anak-anak, ibu-ibu tak luput berada di pinggir rel.

"Jadi suling lokomotif ini kelihatannya kayak manggil warga ya," ucap Edi disambut tawa masinis.

Dalam uji coba kali ini, kereta inspeksi berjalan lancar dengan kecepatan 10 kilometer per jam. Perjalanan Stasiun Bandung - Stasiun Wanaraja memakan waktu sekitar dua jam. Sepanjang perjalanan, rombong disuguhi pemandangan yang ciamik.

Saat ini pembangunan Stasiun Wanaraja masih dilakukan. Diprediksi, awal tahun 2020 warga sudah bisa menikmati perjalanan dari Garut menuju Bandung. Diharapkan dengan diaktifkannya jalur Cibatu - Garut, dapat meningkatkan perekonomian sekitar.

Senyum semringah warga sambut kereta di jalur reaktivasi Cibatu-WanarajaSenyum semringah warga sambut kereta di jalur reaktivasi Cibatu-Wanaraja Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom


Simak Video "Kompor Meledak di Kereta, 74 Penumpang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com