Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 05 Okt 2019 19:05 WIB

Manggarai Jadi Hub, Kereta Jarak Jauh Tak Lagi Mampir di Gambir

Hendra Kusuma - detikFinance
Stasiun Manggarai/Foto: Dok. Kemenhub Stasiun Manggarai/Foto: Dok. Kemenhub
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) mengungkapkan bahwa Stasiun Manggarai direncanakan sebagai pusat stasiun (central station) tidak hanya KRL Jabodetabek tetapi juga untuk kereta api jarak jauh.

Dengan Manggarai sebagai pusat stasiun, nasib Gambir yang selama ini sebagai tempat pemberhentian bagi kereta jarak jauh di Jakarta pun akan tergantikan.

"Memang Manggarai ini kita rencanakan ke depan menjadi sentral station, yang akan datang tidak ada lagi kereta dari luar kota masuk ke Gambir. Kereta terakhir adalah di Manggarai ini," tegas Budi Karya di Stasiun Manggarai, Jakarta, Sabtu (5/10/2019).



Rencana Stasiun Manggarai menjadi pusat juga nantinya juga akan dilakukan pembangunan penambahan jalur rel kereta api khususnya ka bandara yang selama ini masih satu jalur dengan KRL Commuter Jabodetabek.

Saat ini PT Railink resmi mengoperasikan ka bandara dari Stasiun Manggarai ke Stasiun Soekarno-Hatta (Soetta) dengan waktu tempuh sekitar 57 menit.

Budi mengungkapkan pembangunan Manggarai sebagai pusat stasiun masih terhambat oleh pembebasan lahan. Namun, dengan beroperasinya ka bandara diharapkan bisa meningkatkan mobilitas penumpang khususnya yang selama ini mengandalkan transportasi massal.

Pasalnya, Manggarai menjadi titik temu (feeder) bagi masyarakat yang bertempat tinggal di Bekasi, Depok, hingga Bogor.

"Ini satu lompatan yang baik dan membuat Manggarai makin penting dan makin digemari. Jadi orang Bekasi kalau mau ke Surabaya naik kereta saja," ujar dia.



Simak Video "Mulai Besok, Kereta Bandara Bablas Sampai Stasiun Manggarai"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com