Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 07 Okt 2019 13:14 WIB

Gambir Pensiun di 2021, Stasiun Manggarai Layani KA Luar Kota

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Stasiun Manggarai akan menggantikan peran Stasiun Gambir pada 2021 mendatang. Perjalanan KRL commuter line, kereta jarak jauh, dan KA Bandara Soetta nantinya bisa dijangkau melalui Stasiun Manggarai.

"Manggarai nanti ada commuter line, ada KA Jarak jauh (main line) yang selama ini berhenti di Gambir, dan KA bandara," kata Supandi saat dihubungi detikcom, Jakarta, Senin (7/10/2019).

Sedangkan Stasiun Gambir akan melayani kereta listrik (KRL) atau commuter line Jabodetabek dan kereta khusus saja pada tahun 2021.


Kembali ke Stasiun Manggarai, stasiun di Jakarta Selatan ini juga akan dilengkapi dengan skybridge yang menghubungkan dengan Halte TransJakarta.

"Integrasinya nanti dengab bus Transjakarta di depan Pasaraya Manggarai, akan dibangun sky bride langsung ke Stasiun Manggarai sebelah barat," kata dia.

Dapat diketahui, Stasiun Manggarai saat ini menjadi hub bagi KRL commuter Jabodetabek khususnya yang dari arah Bekasi, Depok, dan Bogor. Baru-baru ini juga KA bandara sudah beroperasi dari Manggarai dengan harapan ada perpindahan penumpang dari transportasi jalan yang menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).



Simak Video "Alasan Kemenhub Pensiunkan Stasuin Gambir"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com