Diam-diam, Tol Bertingkat Terpanjang di RI Mulai Dibangun

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Selasa, 08 Okt 2019 19:40 WIB
2.

Tol Bertingkat

Diam-diam, Tol Bertingkat Terpanjang di RI Mulai Dibangun
Foto: Pradita Utama

Kepala BPJT Danang Parikesit menyatakan bahwa Pemerintah melalui Kementerian PUPR telah menerbitkan penambahan lingkup ruas tol Wiyoto Wiyono (Harbour Road II) sejak 26 Agustus 2019 lalu, sehingga pembangunannya dapat segera dimulai.

"Hal tersebut merupakan bagian dari perjalanan panjang yang perlu kita sama-sama pahami. Dengan dibangunnya Harbour Road II bukan hanya menambah panjang ruas jalan hingga kapasitasnya, tapi juga ada aspek-aspek teknis yang harus diperhatikan secara detail," kata Danang, seperti dikutip dari keterangan resmi, Selasa (8/10/2019).

Danang berharap, pembangunan tol Harbour Road II dapat memberikan manfaat nyata kepada masyarakat.

"Kami sangat berharap, proyek ini tidak sekadar hanya bangunan infrastruktur berskala besar, namun merupakan proyek tol yang sesuai dengan aturan di BPJT dan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR," ujar Danang.

Danang bilang, pihaknya masih terus melakukan diskusi dengan rekan-rekannya dari bidang Teknik, terkait design dan rancang bangunan mengenai elevated structure nya. Dia meminta para pelaksana kerja dan pengawas agar mengantisipasi terhadap risiko kecelakaan kerja. Karena, dalam melaksanakan proyek pembangunan yang cukup besar seperti ini, memerlukan tingkat ketelitian dan penuh kehati-hatian.