Dengar Kata Penumpang Soal Gambir Mau Digantikan Manggarai

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 09 Okt 2019 07:38 WIB
2.

1. Keluhkan Lahan Parkir

Dengar Kata Penumpang Soal Gambir Mau Digantikan Manggarai
Foto: Trio Hamdani

Pantauan detikcom di Stasiun Manggarai, Selasa (8/10/2019) ada dua lahan parkir yang saling berdekatan, dioperasikan oleh PT Reska Multi Usaha. Kedua lahan parkir tersebut terlihat tidak begitu luas. Berdasarkan informasi dari petugas di lokasi, masing-masing area parkir memiliki daya tampung sekitar 400 dan 200 kendaraan bermotor roda dua.

Roni, masyarakat pengguna kereta luar kota yang ditemui detikcom di Stasiun Gambir pun mengomentari terbatasnya lahan parkir di Stasiun Manggarai.

"Mungkin di Stasiun Manggarai-nya harus diperluas kali stasiunnya. Jadi kan parkirannya kan sempit banget ya yang saya tahu," kata dia saat berbincang, Selasa (8/10/2019).

Daya tampung lahan parkir tersebut memang terbilang kecil buat Stasiun Manggarai yang direncanakan menjadi hub alias stasiun pusat di Jakarta pada 2021. Ketika itu terealisasi maka stasiun ini tak lagi hanya melayani KRL Jabodetabek dan Kereta Bandara, melainkan ditambah kereta luar kota.

Tentunya akan ada banyak orang yang menggunakan moda transportasi berbasis rel di Stasiun Manggarai. Fasilitas parkir menjadi daya dukung yang tak bisa dikesampingkan.

Selain itu, Roni mengeluhkan di Stasiun Manggarai belum tersedia area parkir untuk kendaraan roda empat, baru sebatas kendaraan roda dua. Itu juga ikut dikeluhkan.