Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 09 Okt 2019 12:45 WIB

Proyek Terowongan Tol Desari Ambruk, BUJT Harus Lebih Awas!

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Herdi Alif Al Hikam Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta - Proyek Tol Desari mengalami kecelakaan konstruksi. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR pun meminta kejadian itu diperiksa.

Kepala BPJT Danang Parikesit mengaku sudah mendatangi lokasi kejadian. Sebagai tindak lanjut, dirinya sudah meminta Komite Keselamatan Konstruksi untuk memeriksa kejadian tersebut.

"Kita masih meminta ahli dari badan usaha dan Ditjen Bina Konstruksi serta Komite Keselamatan Konstruksi untuk menelaah kejadian ini. Kita tunggu hasilnya," ujarnya kepada detikcom, Rabu (9/10/2019).

Selain itu, BPJT juga meminta Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang memiliki proyek itu untuk memperketat proses manajemen konstruksi dan pengawasan pembangunan.


Tol Desari sendiri merupakan milik PT Citra Waspphutowa yang merupakan anak perusahaan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP). Saat ini proyeknya dibangun memasuki fase II yang menghubungkan seksi Brigif hingga Sawangan sejauh 6,3 km.

Menurut Danang kecelakaan konstruksi itu terjadi lantaran perancah atau struktur sementara tak mampu menahan beban beton. Lokasinya berada di wilayah Krukut, Limo, Depok.

"Lokasi sekarang sudah dibersihkan dari ketidakmampuan perancah menahan beban beton yang sedang dicor dalam waktu cepat," tambahnya.



Simak Video "Struktur Terowongan Tol Desari Ambruk, 5 Pekerja Terluka"
[Gambas:Video 20detik]
(das/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com