Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 09 Okt 2019 16:03 WIB

Diteken 2006, Proyek Tol Desari Seksi I Baru Rampung Akhir 2018

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: Kondisi Terkini Proyek Tol Desari (Herdi Alif Al Hikam) Foto: Kondisi Terkini Proyek Tol Desari (Herdi Alif Al Hikam)
Jakarta - Kecelakaan kerja kembali terjadi di proyek jalan Tol Depok-Antasari (Desari). Hal ini menambah catatan negatif terhadap proyek tersebut.

Selain kecelakaan kerja, Tol Desari juga merupakan proyek yang sempat mangkrak. Berdasarkan catatan detikcom, Tol Desari telah ditandatangani perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) nya sejak tahun 2006.

Kemudian kontrak PPJT tersebut sempat kembali diamandemen pada 2011 karena adanya perubahan biaya investasi.

Pembebasan lahan yang lambat, sementara harga tanah kian menanjak, membuat realisasi proyek ini kerap terhambat. Pembangunan tahap demi tahap pun hanya bertambah sedikit demi sedikit.


Bahkan hingga tahun 2016, seksi I tol ini juga masih belum merampungkan proses pembebasan lahan. Akibatnya, ongkos konstruksi pun terus membengkak.

Target pengoperasian pun sempat beberapa kali tak tercapai, mulai dari 2009, hingga terakhir kali rencananya bisa dioperasikan pada akhir 2017.

Berdasarkan data monitoring jalan tol Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, seksi I seharusnya beroperasi pada Maret 2018. Tapi akhirnya baru bisa diresmikan dan beroperasi pada akhir tahun oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Proyek Tol Desari sendiri terbagi dalam tiga seksi, yaitu hanya untuk Seksi I Antasari-Brigif sepanjang 5,8 kilometer. Kemudian seksi II, yang terbagi dalam dua paket, yaitu Seksi IIA Brigif-Krukut sepanjang 2,7 km dan IIB Krukut-Sawangan sepanjang 3,6 km.

Sementara Seksi III Sawangan-Bojonggede sepanjang 9,5 km saat ini belum terlihat apa pun baik untuk pembebasan lahan maupun konstruksi.



Simak Video "Struktur Terowongan Tol Desari Ambruk, 5 Pekerja Terluka"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com