Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 10 Okt 2019 10:10 WIB

Laporan dari Lyon

Menjajal Kereta Cepat Bertingkat di Prancis, Paris-Lyon Cuma 2 Jam

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Candra Foto: Ardan Adhi Candra
Lyon - Perjalanan ke Prancis tidak lengkap rasanya jika hanya mengunjungi Paris saja. Jika berkunjung ke negara Eiffel ini, Anda bisa juga mengunjungi Lyon yang juga dikenal sebagai destinasi wisata.

Jika Anda ke Prancis dan mendarat di Charles De Gaulle, Paris, perjalanan ke Lyon bisa dilanjutkan dengan kereta cepat. Perjalanan ke Lyon menggunakan kereta cepat hanya memakan waktu sekitar dua jam saja. Padahal jarak tempuhnya mencapai 465 kilometer (km).

Harga tiketnya sebesar 142 euro atau Rp 2,2 juta untuk first class. Jika ingin membeli tiket yang lebih murah, bisa membeli tiket kategori lain.

Harganya memang terbilang mahal, namun jika ingin mengejar waktu karena keperluan tertentu harga tersebut tidak terlalu menjadi persoalan.



Perjalanan menuju Lyon dari Paris dimulai dari Stasiun Paris Gare Lyon. Calon penumpang bisa menempelkan barcode tiket pesanannya ke pintu masuk untuk menuju peron.

Selanjutnya, langsung menuju kereta yang tertera di tiket dan mencari tempat duduk apakah di bawah atau di atas. Sebagai informasi, kereta cepat ini bertingkat.

Menjajal Kereta Cepat Bertingkat di Prancis, Paris-Lyon Cuma 2 JamFoto: Ardan Adhi Candra


Jangan sampai telat jika ingin bepergian menggunakan kereta ke Lyon. Kereta berangkat sesuai dengan jam yang tertera di tiket. Kereta yang ditumpangi detikcom berangkat tepat pukul 11.53 dan tiba di Lyon pukul 13.56 waktu setempat

Sepanjang perjalanan, penumpang ditawarkan pemandangan apik nan hijau. Rerumputan hingga pepohonan mendominasi perjalanan dari Paris menuju Lyon sambil tampak juga pemukiman warga di tengah hamparan pepohonan dan rerumputan.

Kereta cepat ini dilengkapi fasilitas layaknya kereta pada umumnya. Ada toilet hingga bar di dalamnya atau seperti gerbong restorasi yang menawarkan ragam makanan sepanjang perjalanan. Untuk penumpang first class, fasilitas yang didapatkan adalah kursi yang nyaman dan meja. Tak lupa masing-masing kursi juga dilengkapi dengan stop kontak untuk mengisi daya smartphone ataupun laptop.

Ragam fasilitas tersebut membuat perjalanan ke Lyon selama dua jam tidak terasa membosankan. Sejumlah penumpang juga tampak disibukkan dengan laptop dan smartphonenya berurusan dengan pekerjaannya.

Setibanya di Stasiun Lyon Part Dieu, penumpang bisa melanjutkan perjalanan ke tujuan menggunakan transportasi lainnya seperti taksi. Perjalanan ke Lyon dari Paris juga jauh menghemat waktu dibandingkan melalui kendaraan pribadi yang bisa memakan waktu 4-5 jam.




Simak Video "Duh! Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Ganggu Aktivitas Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com