Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 10 Okt 2019 18:40 WIB

Launching November, Bandara Syamsudin Noor Akan Diresmikan Jokowi

Muhammad Risanta - detikFinance
Foto: Muhammad Risanta/detikcom Foto: Muhammad Risanta/detikcom
Banjarbaru - Pembangunan bandara Syamsudin Noor baru saat ini sudah mencapai 86%. Ditargetkan pada November nanti, bandara yang menjadi kebanggaan warga Kalimantan Selatan ini akan bisa soft launching.

Rencananya bandara yang bakal berstatus internasional ini akan diresmikan Presiden Joko Widodo setelah pembangunannya rampung. Bandara Syamsudin Noor Berkonsep green airport Selain adanya ruang terbuka hijau, aspek pencahayaan hingga suhu akan diperhatikan di sepanjang koridor dan ruangan bandara.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengatakan bandara Syamsudin Noor tengah dikebut pembangunannya dan menunjukkan perkembangan yang luar biasa, sejak pembangunan awal dibangun.Setidaknya hasil progress ini terlihat saat Sahbirin Noor meninjau proyek pengembangan Bandara Syamsuddin Noor bersama Kepala Daerah Kabupaten/Kota se-Kalsel, Kamis (10/10.

"Insya Allah di November akan ada launching. Insya Allah jika tidak ada halangan di bulan Desember diresmikan Presiden Jokowi bersamaan dengan kegiatan HKSN di Banjarbaru," ujar pria yang populer dipanggil Paman Birin ini.

Paman Birin sendiri optimistis dengan pengerjaan proyek bandara Syamsudin Noor Banjarmasin tersebut. Saat ini pembangunan hanya menyisakan 14 persen lagi, sehingga bisa dinikmati masyarakat.Di satu sisi guna menunjang keberadaan bandara ini, sejumlah infrastruktur jalan terus.

Pembangunan Bandara Syamsudin Noor-KalselPembangunan Bandara Syamsudin Noor-Kalsel Foto: Muhammad Risanta/detikcom

"Dengan kondisi bandara yang sekarang ini sudah sangat bagus karena dari infrastruktur, bahan, dan bentuk bangunannya ini luar biasa. Jika dilihat dari atas itu berbentuk diamond atau permata, karena ini khas salah satu kabupaten di Kalsel,yakni Martapura, Kabupaten Banjar," lanjutnya.

Sementara itu Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani juga mengatakan kebanggaannya atas proyek pengembangan bandara yang sebentar lagi mau rampung itu. Dengan rampungnya proyek bandara pada bulan depan, akan menambah daya tarik Banjarbaru yang diketahui sesegeranya menjadi Aero City.

"Banjarbaru sendiri sudah menyiapkan konsep Aero City dengan konsep kota baru berbasis bandara dengan penyediaan kawasan sekitar 5600 hektare finalisasi konsep Aero City ini sudah selesai. Selanjutnya ada konsultasi publik dan tahap akhirnya ada produk hukum yang memayungi ini,"," ungkap Nadjmi sembari menunjukkan kawasan pendukung untuk Aero City, Kamis sore (10/10).

Simak Video "Tradisi Baayun Massal, Budaya Bersyukur Warga Banjarmasin Kalimantan Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com