Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 13 Okt 2019 16:00 WIB

Perpanjangan Runway Bandara Raja Ampat Molor ke Tahun Depan

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani/detikcom Foto: Trio Hamdani/detikcom
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan perpanjangan landasan pacu (runway) Bandara Marinda, Waisai, di Kabupaten Raja Ampat beres pada 2020 atau molor dari target yang dipasang Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Jokowi pernah menargetkan itu akan rampung di 2018 atau selambat-lambatnya tahun ini. Budi Karya mengatakan pengembangan runway tersebut sepanjang 1.525 meter. Sebelumnya bandara ini memiliki runway sepanjang 1.200 meter.

"(Bandara) Raja Ampat sepanjang 1.525 meter sudah selesai semuanya. Mulai tahun ini dan tahun depan diselesaikan," kata dia di kantornya, Jakarta, Minggu (13/10/2019).

Mantan Dirut Angkasa Pura II itu memastikan bahwa pengembangan bandara tersebut rampung dalam dua tahun ini.

"Yang sudah selesai itu Raja Ampat langsung selesai dua tahun ini 2020 selesai. Jadi bisa disampaikan Raja Ampat itu selesai 2020," sebutnya.
Pada 2017 lalu, Jokowi memastikan perpanjangan landasan pacu Bandara Marinda akan rampung di periode 2018-2019. Hal ini disampaikan Jokowi usai menelepon Budi Karya saat kunjungan ke Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (21/12/2017).

Dalam video di akun Instagram resminya kala itu, Jokowi yang memakai jaket merah menghubungi Menhub dari atas kapal cepat, disaksikan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan. Video tersebut diunggah oleh Biro Pers Setpres.

"Jadi 2018-2019 rampung ya oke, Berapa panjang itu rencana. Oke masih makasih, selamat sore, Assalamualaikum," ujar Jokowi seraya menutup teleponnya dalam video di akun @jokowi.


Simak Video "Indahnya Raja Ampat, Raja Ampat"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/hek)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com