Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 13 Okt 2019 20:30 WIB

Menhub Sebut LRT Jabodebek Beroperasi Penuh 2021

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Moda transportasi LRT Jabodebek akan mulai diuji coba pada bulan ini. Sedangkan pengoperasiannya secara penuh baru dilakukan di 2021 mendatang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan uji coba sendiri dilakukan dengan penyelesaian tes sarana dan konstruksi. Setelah selesai, maka LRT Jabodebek bisa beroperasi penuh.

"Kita akan lakukan penyelesaian tes sarana dan tes konstruksi secara bersamaan. Diharapkan kegiatan opersasionalnya mulai tahun 2021," ujar Budi Karya di Stasiun Harjamukti, Cibubur, Minggu (13/10/2019).


Budi Karya mengatakan, uji coba dilakukan secara bertahap dan detail selama satu tahun untuk total 31 kereta LRT Jabodebek yang ada. Tahap selanjutnya akan dilakukan tes dinamis kereta yang dijadwalkan mulai tanggal 18 Oktober 2019.

Mulai dari Traction System Test alias sistem trek kereta, lalu uji coba kecepatan lewat Low Speed Test dan High Speed Test. Lalu mengisi sistem informasi penumpang alias PID (Passenger Information Display) System Test.


Untuk konstruksinya, pembangunan LRT Jabodebek hingga hari ini sudah mencapai 66,13%. Untuk Lintas Cawang-Cibubur 85.73%, Lintas Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 56.10%, dan Lintas Cawang-Bekasi Timur 59.52%.

Diprediksi pembangunan ketiga Lintas akan selesai pada tahun 2020 dan sudah bisa digunakan pada tahun 2021.

Simak Video "Asyik! November 2019, LRT Siap Beroprasi"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com