Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 13 Okt 2019 21:20 WIB

Luhut Klaim LRT Made In Madiun Lebih Canggih dari MRT Buatan Jepang

Herdi Alif Alhikam - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kereta LRT Jabodebek buatan PT INKA (Persero) merupakan kereta yang canggih. Luhut bahkan menyebutkan kereta buatan Madiun, Jawa Timur ini lebih canggih dari kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta yang dibuat di Jepang.

"Ini saya kira prestasi sendiri dari putra putri Indonesia. Tadi saya dibisikin ini bisa jadi lebih canggih dari MRT teknologinya. Teknologinya sudah generasi ke-3 sudah lebih baik dari MRT," kata Luhut di Stasiun Harjamukti, Cibubur, Minggu (13/10/2019).

Luhut mengatakan kereta LRT ini juga lebih modern dibanding produk sebelumnya yang diperuntukkan untuk LRT Palembang. Dengan teknologi moving block kereta ini bisa berjalan tanpa masinis.

"Ini lebih canggih juga yang ada di Palembang, teknologi ini moving block tanpa masinis. Headway-nya 3 menit," jelas Luhut.


Dia menceritakan dengan teknologi moving block akan mengatur semua perjalanan kereta dengan sensor dari pusat kendali. Hal ini juga akan memperkecil kecelakaan, pasalnya setiap kereta memiliki jarak tersendiri yang tidak dekat.

"Jadi itu dibuat moving block, jadi otomatis atur dia liat sensornya. Jadi memperkecil juga kemungkinan accident karena dia nggak ada jarak, nggak bisa terlalu dekat," kata Luhut.

Kereta LRT Jabodebek sendiri menurut Luhut bisa mengangkut 1.500 penumpang dalam sekali perjalanan. Satu rangkaian kereta terdiri dari enam gerbong yang masing-masing bisa mengangkut 250 penumpang.

"Satu gerbong itu 250 orang, satu rangkaian (6 gerbong) 1.500 penumpang," ungkap Luhut.



Simak Video "Asyik! November 2019, LRT Siap Beroprasi"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/hek)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com