Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 14 Okt 2019 14:14 WIB

Sentuhan Asing di Proyek Kereta LRT Jabodebek

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Halaman 1 dari 2
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Wajah Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya berseri-seri. Bukan lantaran cahaya matahari yang cukup terik siang itu, melainkan penampakan kereta ringan LRT Jabodebek berwarna merah-hitam-putih yang sukses mencuri perhatian mereka berdua.

LRT Jabodebek akhirnya tiba di lintasannya di stasiun Harjamukti, Cibubur. Mendaratnya kereta LRT Jabodebek di lintasan menandai semakin dekatnya pengoperasian kereta yang mulai dibangun sejak September 2015 silam tersebut.

Luhut mengaku sangat bangga dengan tibanya rangkaian pertama kereta LRT Jabodebek di lintasan. Dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mencapai 60%, kereta LRT kedua buatan PT INKA ini disebut punya sederet teknologi super canggih.

"Ini saya kira prestasi sendiri dari putra putri Indonesia. Tadi saya dibisikin ini bisa jadi lebih canggih dari MRT teknologinya. Teknologinya sudah generasi ke-3 sudah lebih baik dari MRT," kata Luhut saat ditemui di Stasiun Harjamukti, Cibubur, Minggu (13/10) kemarin.

Kereta LRT Jabodebek memang dilengkapi dengan sederet mesin canggih dari produsen yang mumpuni. Selain diproduksi sebagian besar di dalam negeri, pembuatan kereta LRT Jabodebek juga tak lepas dari kontribusi para mitra yang digandeng dari luar negeri.

Apa saja?

Klik halaman selanjutnya untuk melihat berita selengkapnya (eds/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com