Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 18 Okt 2019 20:30 WIB

Kemenhub Gelontorkan Rp 142 M Upgrade Dua Bandara di Jateng

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Rengga Sancaya Ilustrasi/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Sebanyak dua bandara di Jawa Tengah sedang ditingkatkan kualitasnya oleh pemerintah, mulai dari Bandara Ngloram di Blora dan Bandara Dewadaru di Jepara. Utamanya, dua bandara ini akan diupgrade runway alias landasan pacunya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut bahwa landasan pacu kedua bandara ini akan diperpanjang hingga 1.600 meter, sehingga pesawat ATR72 bisa mendarat. Menurutnya saat ini di kedua bandara hanya digunakan untuk pesawat sewa yang berbadan kecil saja.

"Kita mau buat dengan panjang 1.600 meter (runwaynya) yang di Ngloram, yang di Karimun Jawa (Dewadaru) sekarang sudah 1.200 tapi nanti 1.600 meter juga," kata Budi Karya, di Hotel Borodubur, Jakarta Pusat, Jumat (18/10/2019).


"Artinya ATR 72 itu bisa terbang ke sana, sementara ini nggak bisa, cuma pesawat chartered aja," lanjutnya.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Polana Pramesti menyampaikan bahwa bandara ini akan didanai APBN pembangunannya. Di APBN 2020 untuk Bandara Ngloram butuh Rp 76 miliar sedangkan Bandara Dewadaru Rp 11 miliar.

"Pembiayaan dengan APBN ya di tahun 2020 itu Ngloram Rp 76 miliar dan sisanya Karimun Jawa (Bandara Dewadaru) itu Rp 11 miliar ya, buat 2020 itu," kata Polana ditemui di tempat yang sama.


Kini sedang dilakukan pembebasan lahan untuk ekspansi bandara. Kembali ke Budi Karya, dia mengatakan langkah selanjutnya akan melakukan lelang kontraktor yang akan menggarap pembangunan bandara. Akhir 2020 pengembangannya disebut Budi Karya akan selesai.

"Sekarang ini mau tender, 2020 itu akan diselesaikan, akhir tahun lah. Sekarang mulai dikerjakan (pembebasan lahan)," ujar Budi Karya.

Lalu untuk tahun ini dalam membebaskan lahan bandara, Kemenhub mengeluarkan Rp 55 miliar untuk dua bandara ini. Rp 46 miliar untuk Bandara Ngloram sisa Rp 9 miliarnya untuk Bandara Dewadaru.

Total anggaran yang dikeluarkan Kemenhub untuk dua bandara ini sebesar Rp 142 miliar. Untuk bandara Ngloram Rp 122 dan untuk Bandara Dewadaru Rp 20 miliar.

Simak Video "Kemenhub Dukung Penuh Sektor Transportasi Udara di Papua"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com