Laporan dari Bangkok

RI Unggul, Bayar Tol di Bangkok Masih Pakai Cara 'Jadul'

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Selasa, 29 Okt 2019 09:36 WIB
Foto: Fadhly F Rachman/detikcom
Bangkok - Sekitar akhir 2017 lalu, seluruh transaksi di gerbang tol Indonesia tak lagi melayani pembayaran tunai. Selain untuk mengurangi antrean, pelayanan transaksi elektronik di semua gerbang tol untuk meningkatkan transaksi non tunai.

Langkah itu sempat menimbulkan pro kontra, terutama dari sisi kesiapan pengguna tol. Namun akhirnya, langkah itu berhasil direalisasikan dan terus diterapkan hingga sekarang. Bahkan, saat ini ada rencana transaksi di jalan tol tak perlu melakukan tap in. Dengan begitu kendaraan bisa langsung melaju tanpa henti di gerbang tol.

Hal ini tentunya bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia. Apalagi kalau melihat masih ada negara tetangga yang belum menerapkan 100% transaksi elektronik di jalan tol, salah satunya Thailand. Indonesia lebih unggul dalam hal itu.


Saat berkunjung ke Thailand, tepatnya di Bangkok, detikcom yang pergi bersama rombongan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI melakukan perjalanan yang mengharuskan kendaraan lewat jalan tol. Saat sedang melakukan pembayaran di jalan tol, ternyata transaksi di sana masih manual alias jadul.

RI Unggul, Bayar Tol di Bangkok Masih Cara 'Jadul'Foto: Fadhly F Rachman/detikcom

Sekilas, gerbang tol yang ada di Bangkok juga tak berbeda dengan di Jakarta atau kota besar lainnya. Cuma bedanya, mereka masih menggunakan operator untuk melayani pembayaran. Bahkan saat di lihat dari dekat, jendela pos operator untuk melayani transaksi di gerbang tol masih ada yang hanya ditutupi dengan kain, berbeda dengan Indonesia yang menggunakan kaca kala itu.


Dengan transaksi yang masih manual itu, antrean pun jadi lebih lama ketimbang sistem elektronik. Pengemudi harus repot menyiapkan uang tunai terlebih dahulu dan harus menunggu kembalian dari operator gerbang tol.

Memang, tak semua gerbang tol di sana hanya melayani transaksi manual. Ada juga yang sudah menggunakan mesin. Namun jumlahnya lebih sedikit daripada transaksi manual. Dari 5 pintu tol yang ada, biasanya hanya ada satu gerbang tol yang melayani dengan mesin. Sisanya, transaksi dilakukan secara manual.

Jadi, tak salah bukan bila menyebut Indonesia sudah satu langkah di depan Thailand dalam hal pembayaran atau transaksi gerbang tol.

RI Unggul, Bayar Tol di Bangkok Masih Cara 'Jadul'Foto: Fadhly F Rachman/detikcom


Simak Video "Asosiasi Jalan Tol Pastikan Tak Ada Jalan Berlubang Saat Mudik Lebaran!"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/ara)