Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 29 Okt 2019 11:25 WIB

Laporan dari Bangkok

Operator Kereta se-ASEAN Luncurkan Portal Bersama

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Fadhly Fauzi Rachman Foto: Fadhly Fauzi Rachman
Bangkok - Operator kereta se-ASEAN yang tergabung dalam ASEAN Railways CEOs' (ARCEO) meluncurkan portal bersama untuk mempermudah penjajakan mitra bisnis di antara masing-masing anggota serta memberikan kemudahan informasi bagi publik.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro menjelaskan pada pelaksanaan ARCEO tahun sebelumnya di Myanmar, salah satu poin kesepakatan dari hasil pertemuan itu adalah membentuk portal bersama. Portal ini diinisiasi oleh KAI untuk bisa menjalin komunikasi antarnegara tanpa perlu menunggu kegiatan tahunan.

"Jadi itu tadi inisiatifnya pada saat kita di Myanmar, Indonesia, tahun lalu, kita Indonesia itu men-generate inisiatif bagaimana supaya kita bisa komunikasi tanpa harus tunggu ketemu. Nah portal itulah yang kita gunakan," jelasnya di sela kegiatan ARCEO ke-41 di Centara Grand Central Plaza Ladprao, Bangkok, Thailand, Selasa (29/10/2019).



Edi mengatakan, pada kesempatan ARCEO di tahun ini, portal rampung dan secara formal diluncurkan setelah beberapa pertemuan antara bulan Februari sampai dengan Juli 2019 dari tim teknologi informasi dan humas setiap negara anggota di Kuala Lumpur dan Bangkok.

Portal ini menjadi ajang promosi dari masing-masing negara. Selain itu, portal ini juga bisa memudahkan para anggota untuk mengetahui sebagaimana modern sistem pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) milik KAI.

Dengan ditampilkannya masing-masing perusahaan di portal ini, harapannya bisa mendapat proyek di negara-negara ASEAN.

"Jadi ada kebutuhan-kebutuhan yang sifatnya bisa kita bantu bersama. Eropa punya Uni Eropa saling bantu, kenapa Asia tidak begitu. Itu kita yang mempelopori," katanya.



Simak Video "Countdown SuperM! Kai: Si Seksi ''Dancing Machine''"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com