Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 29 Okt 2019 17:40 WIB

Hore! Cianjur-Bandung Barat Bisa Naik Kereta Mulai Akhir 2019

Yudha Maulana - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Bandung Barat - Jalur kereta yang menghubungkan Kabupaten Cianjur (Ciranjang) dan Kabupaten Bandung Barat (Cipatat) siap terhubung di akhir Desember 2019 setelah 'mati suri' kurang lebih tujuh tahun lamanya.

Sebelumnya, jalur Ciranjang-Cipatat ditutup pada 2012 lalu. Alasannya, karena permasalahan teknis prasarana yang dianggap tak laik operasi. Wacana untuk mereaktivasi jalur ini baru terealisasi di pertengahan 2019.

Kepala Seksi Lalu Lintas, Sarana dan Keselamatan dari Balai Teknik Perkeretapian (BTP), Bernandi Armisetyo mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan perbaikan badan jalan, jembatan dan drainase.

"Relnya kita perbaiki, ini progresnya sudah lebih dari 40 persen. Tapi untuk progres terkininya nanti saya update lagi, karena masih ada laporan yang belum masuk dari lapangan," kata Bernandi saat dihubungi detikcom, belum lama ini.

Bernandi mengatakan, tak ada pembebasan lahan yang dilakukan oleh BTP untuk mereaktivasi jalur sepanjang 15 KM ini. Pasalnya, jalur tersebut adalah lintasan mati, sehingga BTP hanya memperbaiki jalur mati yang sudah ada sebelumnya.

"Sekarang dibangun lebih stabil karena R33, sebelumnya badan jalan kurang bagus. Kita perbaiki badan jalannya dan menambah keamanannya," katanya.



Suara deru mesin buldoser meratakan batu split mengiringi aktivitas warga Kampung Halte, Desa dan Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) sejak dua bulan terakhir.

Para pekerja berompi jingga tampak sibuk hilir mudik di sekitar area proyek reaktivasi Stasiun Kereta Cipatat, yang 'tertidur' sejak 2012 lalu. Pasalnya, kereta api Cianjuran Padalarang - Cianjur tak lagi beroperasi.

Reaktivasi jalur ini ini, disambut positif oleh warga yang berada di sekitar Stasiun Cipatat. Salah satunya, Ai Suprihatin (45), warga yang memiliki warung di depan stasiun Cipatat.

"Tentu saja kami bahagia, semoga bisa ramai kembali. Warga juga bisa lebih mudah kalau berangkat, apalagi buat yang jualan," kata Ai saat ditemui detikcom, Selasa (29/10/2019).

Pantauan detikcom, bangunan Stasiun Cipatat dibongkar di bagian dalamnya. Bangunan yang tak lagi digunakan selama tujuh tahun itu masih tampak terawat. "Kepala stasiunnya suka datang ke sini, ada juga yang suka beres-beres di sini," katanya.



Simak Video "Belasan Bangkai Gerbong Kereta di Stasiun Cikaum Subang Terbakar"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com